| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Banyak Cara di Lakukan untuk Mengurangi Kebosanan Belajar Homeschooling

Banyak Cara di Lakukan untuk Mengurangi Kebosanan Belajar Homeschooling
April 14, 2022 laskarui
In News
bosan belajar dirumah

Bagi  sang buah hati kita  yang ada di rumah, memang pembelajaran model homeschooling menjadi satu hal yang kadang membosankan. Itulah sebabnya di cari cara pembelajaran homeschooling tidak membuat siswa menjadi bosan. 

 

Memang tidak mudah menjalani pembelajaran di kala usia buah hati kita masih balita. Atau setidaknya usia buah hati kita masih dalam taraf anak-anak.  Bukan karena  pembelajaran ini membuat waktu yang mereka miliki untuk bermain menjadi berkurang. Tetapi setidaknya dengan model pembelajaran di rumah, maka buah hati kita akan lebih efektif dalam menghabiskan waktunya di rumah. 

 

8 Model Pembelajaran  Sistem Homeschooling Agar Siswa  Tidak Bosan

 

  1. Cobalah untuk membuat School at Home sesuai kebutuhan buah hati di rumah.

Cara ini adalah  untuk menyesuaikan kondisi kurikulum yang di ajarkan untuk buah hati kita di rumah. Dimana kurikulum tersebut bisa dari dalam ataupun luar negeri, yang penting buah hati kita nyaman dengan kurikulum tersebut. 

  1. Coba untuk menggunakan model pembelajaran sistem klasikal

Sistem ini adalah tidak beda jauh dengan konsep school at home.  Dimana modelnya adalah dengan memberikan pembelajaran secara  terstruktur dan terarah untuk buah hati kita yang ada di rumah. 

  1. Coba gunakan model pembelajaran seperti sistem Unschooling

Cara ini agak berbeda, karena dengan model seperti ini ayah dan bunda atau pengajar homeschooling di rumah tidak memberikan pembelajaran seperti terstruktur, tetapi modelnya adalah mengikuti apa yang diinginkan oleh buah hati kita di rumah.   Sehingga pola  belajarnya lebih interaktif. 

  1. Cobalah menggunakan model belajar dengan sistem Montessori

Sistem atau cara seperti ini lebih mengarahkan kepada buah hati kita atau siswa di rumah dalam proses belajarnya. Sehingga ayah dan  bunda hanya mengikuti saja apa yang di ajarkan oleh sang pendidik homeschooling di rumah. 

  1. Coba gunakan model seperti  Charlotte Mason

Dimana perbedaan dari model yang di  gunakan  pada Montessori akan sangat berbeda di bandingkan dengan konsep model Montessori. Bahwa sistem charlotte membebaskan siswa atau buah  hati untuk belajar sesuai dengan apa yang menjadi keinginan sang buah hati. Sehingga pendidik tidak membatasi siswa untuk  belajar dengan menggunakan  berbagai hal sesuai keinginannya. 

  1. Coba sistem dengan metode seperti Eclectic homeschooling

Dalam sistem seperti ini maka sang buah  hati di rumah atau siswa didik  akan di arahkan untuk mempelajari sesuatu atau belajar sesuatu dengan menggunakan sistem  mix and macth. Sehingga kita sebagai ayah dan bunda  tahu materi seperti apa saja  yang akan di berikan pada buah hati kita. 

  1. Coba menggunakan sistem  yang bersifat waldorf homeschooling

Sistem  seperti ini model  pembelajarannya adalah dengan meniadakan sistem seperti penggunaan media tv, komputer hingga peralatan lain  yang bersifat elektronik. Tetapi mereka di arahkan untuk menggunakan media seperti media seni, kerajinan, musik, gamelan dan seterusnya.

  1. Cobalah menggunakan  sistem seperti model Reggio  Emilia Homeschooling

Untuk model pembelajaran seperti ini maka pendidik akan mengarahkan pembelajaran pada hal-hal yang memang diinginkan oleh sang buah hati di rumah. Sehingga proses belajarnya di sesuaikan dengan apa yang menjadi keinginan dari buah hati di rumah. 

 

Berbagai Cara  Mengatasi Kebosanan Siswa Homeschooling Belajar

Sebagai pendidik dalam kelas homeschooling memang ada baiknya mereka  paham kondisi seperti apa yang baiknya di ajarkan kepada siswa atau buah hati kita pada saat belajar di rumah.  Hal itu akan bisa memberikan satu kondisi bahwa untuk  menghindari rasa bosan dari siswa didiknya di rumah seorang pendidik atau pengajar homeschooling harus bisa mengarahkan siswa atau buah hati kita dalam belajar agar mereka  tidak  bosan dalam mengikuti  pelajaran. 

 

Kita bisa melihat dan melakukan beberapa hal yang akan membuat siswa menjadi tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran di rumah.  Beberapa hal yang memang bisa di lakukan oleh pendidikan yang mengajarkan pendidikan model homeschooling di rumah adalah : 

 

  1. Cobalah pada saat siswa didik merasa mulai bosan atau di sela-sela belajar di selipkan atau di buat jeda dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat siswa didik menjadi lebiih bersemangat  lagi dalam belajar. 
  2. Cobalah untuk melakukan sedikit perubahan dalam belajar, seperti misalnya dengan membuat seperti buat kelompok-kelompok kecil sehingga siswa bisa lebih berinteraksi.
  3. Cobalah untuk mencoba melakukan pembelajaran dengan model memilih  tempat atau lokasi belajar yang nyaman.  Dengan kenyamanan tempat untuk  belajar akan bisa menumbuhkan motivasi  kembali dalam belajar di rumah. 
  4. Cobalah kita sebagai pendidik menyesuaikan konsep belajar dengan model belajar  yang diinginkan oleh siswa didik. Sehingga belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk mereka karena modelnya seperti yang mereka inginkan. 
  5. Cobalah membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang cukup baik seperti misalnya melakukan aktivitas berdoa dan mengucapkan terimakasih kepada diri sendiri, hal itu bagus di berikan sejak dini pada siswa agar mereka  terbiasa melakukan hal-hal yang baik

 

Selain 5 hal yang telah di jelaskan diatas, maka ada beberapa hal yang bisa juga di lakukan untuk mengurangi rasa  bosan dalam  belajar di rumah :  (1) Sesekali biarkan siswa didik yang ada dirumah di bebaskan dalam melakukan aktivitas. Hal ini bagus untuk motivasi dalam diri siswa dalam belajar (2) Sesekali lakukan rekreasi keluar rumah agar mereka tidak jenuh selalu belajar dalam rumah (3)  Jangan lupa untuk melakukan aktivitas kecil seperti olahraga ringan, jalan jalan santai oleh sekadar melakukan aktivitas permainan yang banyak melakukan aktivitas fisik (4)  Coba ajak mereka atau siswa didik untuk melakukan aktivitas langsung yang bersifat pembelajaran langsung dengan mengunjungi  sanak saudara. (5) Coba sesekali kita melakukan diskusi dengan  siswa di rumah atau dengan mengundang teman dari siswa yang ada di rumah. Dengan variasi seperti itu maka kita berharap mereka tidak akan bosan mengikuti pembelajaran di rumah.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?