| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Bagaimana Kita Melihat Perbedaan Prestasi Siswa Belajar dengan Ikut Bimbel

Bagaimana Kita Melihat Perbedaan Prestasi Siswa Belajar dengan Ikut Bimbel
April 14, 2022 laskarui
In News
pencapaian prestasi

Apa standar yang sebenarnya bisa kita lihat dari kondisi buah hati kita yang ikut pendidikan bimbel dan tidak  ikut  bimbel. Karena  kita tahu bahwa alternatif pembelajaran tersebut  perlu kita sebagai orang tua pahami dengan benar. 

 

Memang ketika kita bicara soal pendidikan, salah satu dasar yang selalu menjadi acuan kita sebagai orang tua hanya dua : pertama sudah pasti ketika kita tahu buah  hati kita bisa mengikuti pelajaran, tidak  pernah tidak naik kelas hingga bagaimana prestasinya di sekolah di bandingkan dengan teman-temannya. Kedua apakah buah hati kita mampu menembus sekolah yang menjadi keinginan dan cita-citanya yang akan bisa di capai berdasarkan prestasi pendidikan  yang di dapatkannya. 

 

Kedua hal  itulah yang biasanya menjadi acuan kita dalam melihat prestasi  belajar untuk buah  hati kita di rumah.  Jika kedua hal tersebut  bisa kita ikuti  dengan baik berdasarkan kondisi terkini dari sang buah hati kita maka ada baiknya kita mencoba memahami  bagaimana sebaiknya kita menentukan konsep pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati kita di rumah. 

 

Prestasi  Belajar Siswa Cara Terbaik Melihat Perkembangan Belajar Siswa 

 

Masalah prestasi belajar memang menjadi salah satu cara bagi kita sebagai orang tua melihat keberhasilan cara belajar buah hati kita dalam  pendidikan.  Jika hal itu sebagai acuannya memang kita akan bisa melihat kondisi itu pada saat buah hati kita belajar di sekolah formal. Tetapi akan berbeda hasilnya jika kita memasukan buah hati kita dalam pembelajaran dalam sistem homeschooling. 

 

Perbedaan  inilah yang pada akhirnya sering menjadikan kita sebagai orang tua harus secara bijak melihat seperti apa yang di katakan prestasi belajar pada buah hati kita di rumah.  Karena tanpa adanya acuan prestasi yang  bisa kita lihat sulit kita menentukan apakah sebuah proses  belajar itu sukses di jalankan oleh guru dan buah hati kita atau tidak.  Terlebih jika konsep belajarnya adalah sebuah metode homeschooling atau bimbingan belajar private. 

 

Jika di buatkan dalam sebuah pointer penjelasan yang bersifat langsung. Kita bisa berikan beberapa penjelasan terkait seperti apa kita bisa melihat prestasi belajar pada sang  buah hati kita  yang  belajar dari rumah. 

 

  1. Pada saat buah  hati kita berprestasi  dalam belajar bimbel  tetapi dirinya masih tetap sekolah di kelas formal. Maka prestasinya bisa di lihat dari mereka mendapatkan rangking di kelas atau sekolahnya. Sehingga buah hati kita memang memiliki kemampuan  yang lebih dibandingkan dengan siswa lainnya di sekolah. 
  2. Pada saat buah hati kita berprestasi dalam belajar bimbel tetapi dirinya masih tetap sekolah di kelas formal. Maka prestasi yang bisa dilihatnya adalah bahwa dirinya bisa belajar secara mandiri tanpa adanya ketergantungan dari kita sebagai orang tua atau teman-teman satu kelasnya. 
  3. Prestasi bagi buah hati kita yang mengikuti bimbingan belajar atau les private tetapi dirinya tidak sekolah formal alias mereka mengikuti pendidikan model homeschooling. Maka prestasi  tersebut bisa kita lihat dari seberapa besar dirinya mampu mengikuti pelajaran yang di berikan oleh pengajarnya di rumah itu jadi satu hal yang mudah kita lihat dari prestasi buah hati kita dalam proses belajar. 
  4. Prestasi  bagi buah hati kita  yang ikut dalam bimbingan  belajar tetapi dirinya tidak sekolah formal alias dirinya ikut dalam program  homeschooling, Maka prestasi itu bisa kita lihat dari aktivitas sang buah hati di rumah tidak terganggu. Ketika dirinya punya aktivitas lainnya maka aktivitas  tersebut bisa di ikutinya dengan cukup baik. 

 

Dari beberapa penjelasan  tersebut kita bisa melihat bahwa bagaimana kita sebagai orang tua melihat seperti apa prestasi bisa kita lihat dari buah hati kita dalam belajar. Sehingga bisa di katakan bahwa prestasi tersebut bersifat langsung dan tidak langsung tergantung dari sisi mana prestasi tersebut bisa kita lihat .

 

Perbedaan Prestasi Siswa Yang Ikut Bimbel dan Tidak Dalam Persiapan Masuk PTN

 

Hal paling mudah lainnya pada saat kita  ingin melihat prestasi  belajar siswa yang ikut bimbel an tidak adalah dengan melihat prestasinya yang berhubungan dengan persiapan masuk ke PTN.  Kondisi ini semakin mudah kita lihat mana kala kita melihat dan menyaksikan bahwa siswa sekolah SMA dan sederajat seakan perlu menambahkan pendidikan tambahan seperti bimbel agar dirinya lebih siap dalam mengikuti persiapan masuk ke PTN. 

 

Ada perbedaan pembelajaran yang menjadi ciri khas dari  belajar di kelas dan sekolah atau belajar di bimbel. Karena ciri khas itulah yang pada akhirnya siswa sekolah SMA dan sederajat memilih belajar di bimbel dalam rangka persiapan untuk masuk ke PTN. 

 

  1. Perbedaan pertama adalah bagaimana dirinya merasa bisa memenuhi score yang di targetkan untuk ikut dalam memilih salah satu jurusan di kampus sesuai  pilihannya.   Karena setiap tahu score masing-masing kampus dan jurusannya itu berbeda-beda, dan siswa yang ikut bimbel untuk persiapan masuk PTN adalah cara mereka untuk bisa  sesuai target dengan hasil score ujian yang selalu di adakan oleh bimbel yang bersangkutan. 
  2. Perbedaan kedua bahwa belajar di bimbel itu bersifat praktis artinya siswa akan di ajarkan untuk menyelesaikan  materi soal secara cepat dan tepat. Sehingga semua soal ujian bisa di selesaikan dengan baik. Itu tidak di ajarkan di sekolah   formal bagaimana cara cepat menyelesaikan soal ujian. 
  3. Perbedaan ketiga adalah karena bimbel persiapan adalah cara belajar efektif, maka biasanya di sana akan sering di adakan semacam try out  try out yang akan bisa mengukur keberhasilan siswa dalam belajar di bimbel. Semakin dia mampu mengikuti pelajaran di kelas maka hasil tryotnya akan semakin bagus. 

 

Itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan prestasi dari siswa yang ikut dalam belajar di bimbel dan tidak. Pada akhirnya semua kembali pada diri siswa yang bersangkutan, apakah ingin ikut dalam bimbel atau tidak karena  yang tahu kemampuan diri kita adalah kita sendiri pada akhirnya. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?