| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Sekolah Dasar, Pendidikan Wajib bagi Putra Putri Ayah dan Bunda

Sekolah Dasar, Pendidikan Wajib bagi Putra Putri Ayah dan Bunda
April 4, 2022 laskarui
In News
buah hati memiliki potensial untuk menjadi apa saja

“Pendidikan memang menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi putra putri ayah bunda sekalian. Oleh karena itulah pendidikan di tingkat SD bagian dari pendidikan wajib yang harus di jalankan.”

 

Pentingnya pendidikan memang menjadi salah satu hal yang mesti menjadi perhatian kita sebagai ayah dan bunda.

Bukan karena pendidikan adalah sebuah kebutuhan dasar yang wajib di penuhi  oleh setiap anak, tetapi juga karena pendidikan adalah bekal untuk seorang  anak menapak kehidupannya lebih baik di masa kini dan mendatang.

Konsep dan cara pemahaman seperti itulah yang pada akhirnya menjadi dasar dan pemikiran kita sebagai orang tua bahwa pendidikan dasar 9 tahun yang di kumandangkan  oleh pemerintah jadi satu hal yang penting.

Dimana deskripsi pendidikan wajib 9 tahun itu sendiri di mulai dari pendidikan dasar 6 tahun di kelas SD dan 3 tahun di kelas SMP.

 

Apa sebenarnya Pengertian dan Pentingnya Pendidikan Dasar

Ketika kita bicara soal pendidikan dasar dan landasan yang mendasari betapa pentingnya pendidikan dasar bagi buah hati kita.

Kita bisa menjelaskan bahwa sebenarnya landasan dasar yang menjadi acuan bagi kita dalam melihat betapa pentingnya pendidikan dasar adalah: Landasan filosofi, landasan pedagogis, landasan teoritis, landasan yuridis serta adanya landasan yang berasal dari  sosiokultural dan psikologis.

Berdasarkan beberapa landasan itulah, kita sebagai ayah dan bunda memahami bahwa untuk mewujudkan putra putri yang pintar dan pandai.

Maka pendidikan dasar setingkat SD perlu menjadi satu perhatian yang penting bagi putra putri kita.

Sehingga pada akhirnya kelak, setelah mereka mampu menyelesaikan pendidikan dasar 9 tahun mereka akan bisa berfikir secara dewasa dibandingkan dengan mereka yang tidak melewati masa pendidikan 9 tahun.

Secara umum kita bisa katakan bahwa sebenarnya fungsi dari perlunya kita sebagai ayah dan bunda mewajibkan juga buah hati kita mengikuti pendidikan dasar adalah:

(1) Pendidikan dasar bisa menjadi sebuah pondasi yang kokoh bagi putra putri kita. Pondasi untuk bisa memastikan sebuah keadilan dalam bidang pendidikan bagi buah hati kita sesuai jenjang pendidikannya

(2) Pendidikan dasar 9 tahun bisa di jadikan sebuah barometer atau panduan tentang sejauh mana kualitas pendidikan yang bisa di arahkan sesuai dengan situasi dan kondisi pendidikan yang ada di Indonesia

(3) Pendidikan dasar bisa di jadikan satu dasar untuk kita bisa melakukan pengendalian dan pemerataan adanya pendidikan untuk semua usia dasar agar  anak-anak mendapatkan pendidikan yang sama selama 9 tahun

(4) Pendidikan dasar 9 tahun bisa menjadi salah satu hal yang berfungsi untuk membuat agar pendidikan tidak di salah gunakan oleh mereka yang hanya ingin mencari keuntungan sendiri.

Baca lebih lanjut mengenai program Homeschooling tingkat SD/Sekolah Dasar

 

Pendidikan Dasar 9 tahun Landasan Pendidikan untuk Masa Depan Lebih Baik

Jika semua orang tua atau ayah dan bunda memahami dengan benar seperti apa sebenarnya tujuan utama dari keberadaan pendidikan dasar selama 9 tahun.

Maka kita akan bisa melihat beberapa hal yang menjadikan tujuan dari pentingnya pendidikan dasar yang saat ini di jalankan oleh pemerintah untuk jangka waktu 9 tahun :

  1. Pada dasarnya pendidikan dasar 9 tahun sebagai hak dan kebutuhan bagi semua anak-anak yang masuk dalam range usia pendidikan dasar 9 tahun yang ada di Indonesia.
  2. Pada dasarnya dengan adanya pendidikan dasar 9 tahun maka pemerataan pendidikan yang dilihat dari segi kualitas dan kuantitas akan bisa di jalankan secara benar sesuai dengan konsep pendidikan yang benar.
  3. Pada dasarnya dengan di jalankannya pendidikan dasar 9 tahun maka hal itu akan bisa menjadi satu pemerataan pendidikan bagi semua anak dan siswa yang masuk dalam kalangan usia pendidikan 9 tahun.
  4. Pada dasarnya dengan adanya pendidikan dasar 9 tahun maka kondisi ini tidak akan bisa di salah gunakan atau di manipulatif oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga pelaksanaannya harus di dasarkan pada undang undang yang berlaku.

 

Itulah deskripsi umum yang bisa kita jelaskan dalam kaitan sebuah pendidikan dasar sebagai salah satu landasan pokok untuk menjadikan anak-anak dalam usia sekolah mendapatkan pendidikan yang layak sesuai jenjang pendidikan 9 tahun.

Dengan berjalannya program pendidikan dasar 9 tahun inilah, anak anak dalam usia sekolah akan bisa mendapatkan satu kesempatan yang sama dalam bidang pendidikan.

Sehingga di harapkan dengan adanya kesempatan yang sama inilah semua anak-anak akan bisa merasakan bagaimana pendidikan dasar 9 tahun itu penting bagi dirinya untuk saat ini dan kedepan.

Pendidikan memang menjadi dasar dari pola berfikir dan bertindak bagi sang buah hati kita di rumah.

Itulah kenapa, pemerintah pada akhirnya mewajibkan pola pendidikan wajib selama 9 tahun, karena setelah mereka lulus nantinya akan memiliki pola berfikir dan bertindak berbeda di bandingkan dengan anak-anak yang mungkin tidak menjalani pendidikan wajib 9 tahun.

Jika hal itu terjadi, maka kita akan dengan mudah menentukan anak-anak mana yang telah menjalani pendidikan dasar 9 tahun.

Dibandingkan dengan mereka yang belum menjalaninya.

Oleh karena itulah sebagai ayah dan bunda kita mesti mendukung dan mensupport agar buah hati kita mau dan ikut dalam pendidikan wajib 9 tahun.

Karena hasilnya tidak saja akan di rasakan oleh kita sebagai ayah dan bunda, tetapi langsung dirasakan  oleh mereka siswa siswi yang secara langsung mengikuti program pendidikan wajib  belajar 9 tahun.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?