| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

6 Cara Membuat Buah Hati Terbiasa Sekolah Tatap Muka

6 Cara Membuat Buah Hati Terbiasa Sekolah Tatap Muka
Maret 8, 2022 laskarui
In News

Cara Membuat Buah Hati Terbiasa Sekolah Tatap Muka

Terbiasa melakukan aktivitas belajar daring atau jarak jauh, pada akhirnya memang akan menjadi satu kecemasan tersendiri bagi para ayah dan bunda. Karena ketika saatnya tiba sang buah hati harus belajar tatap muka di kuatirkan mereka belum siap.

Sebenarnya tidak semua anak akan mengalami hal seperti itu,  tetapi bagi  sang buah hati yang karakternya masih manja dengan ayah dan bundanya. Jelas menjadi satu hal yang berbeda jika harus masuk dan belajar langsung tata muka di kelas.  Namun jia kita sebagai ayah dan bunda bisa memberikan pengertian dan pemahaman yan benar, maka sang buah hati biasanya akan  ikut apa yang ayah dan  bundanya harapkan.

6 Cara Agar Buah Hati Tidak Mengalami  Drama pada saat Sekolah Tatap Muka

Sebagai orang tua, kita memang harus bisa menjadi sahabat, menjadi  orang  tua dan menjadi guru bagi sang buah  hati di rumah. karena berkat kondisi seperti itulah maka anak-anak akan selalu taat dan patuh dengan apa yang kita inginkan dan harapkan.

Begitupula dalam kaitan persiapan  sang buah hati di sekolah dengan belajar tatap  muka.  Setidaknya ada  6 hal yang bisa dilakukan kita sebagai orang tua agar sang buah hati merasa aman dan nyaman pada saat pertama kali  selanjutnya masuk sekolah.

1.Cara Pertama adalah Melakukan Validasi Perasaan Anak

Maksud kata dari melakukan validasi adalah kita mencoba mencari tahu seperti apa kondisi perasaan dari sang buah hati di rumah. Ketika mereka memang merasa belum siap, maka disitulah saatnya kita memberikan  pemahaman yang benar terkait kondisi masuk sekolah tatap muka.

2.Cara  Kedua adalah Anda berusaha untuk Mengatur cara/ nada bicara.

Hal ini kita maksudkan agar sang buah hati tidak takut dengan guru yang karakternya tegas. Karena ucapan di depan layar dengan langsung pasti akan beda. Itulah sebabnya kita berikan pemahaman  kepada sang buah hati.

3.Cara Ketiga adalah Mencoba anak untuk berusaha berfikir positif

Cara kita mengajarkan untuk sang buah hati berfikir positif adalah  bisa di lakukan dengan memberikan banyak contoh kasus. Seperti misalnya memberikan  informasi bahwa dengan sekolah tata muka dirinya akan  bisa memiliki teman-teman yang banyak sehingga bisa main dengan banyak teman.

4.Cara Keempat  adalah Menjelaskan  bahwa nanti dirinya akan bersama teman-teman karena ayah atau bunda akan pulang.

Kondisi ini mungkin ditakuti oleh sang buah hati, karena mereka selama ini selalu bersama dengan ayah dan bundanya. Jika  hal itu bisa diberikan pemahaman  yang benar maka sang buah hati akan bisa memahami dengan baik.

 

5.Cara Kelima dengan Belajar Tatap Muka  Sang Buah hati akan punya kesibukan / rutinitas

Adanya rutinitas bagi sang buah hati memang bisa jadi sesuatu yang menyenangkan. Tetapi bisa juga  hal ini membuat sang buah hati jadi kurang nyaman. Cara terbaik bagi ayah dan bunda adalah dengan mengajaknya berkomunikasi secara kontinyu.

6.Cara Keenam yang  bisa di lakukan dengan mendorong kegiatan yang bersifat fleksibilitas

Sebenarnya dengan sekolah tatap muka menguntungkan bagi kedua belah pihak. Untuk kita sebagai ayah dan bunda akhirnya  bisa fokus dengan  pekerjaan  yang selama ini jadi kerjanya. Sedang bagi sang buah hati jika sudah masuk sekolah tatap muka maka ketergantungan dengan ayah dan bundanya akan berkurang.

 

Sang Buah Hati Hanya Perlu diberikan Pemahaman & Itu adalah Tugas Ayah dan Bunda

Apapun kondisinya yang namanya  sekolah tatap muka  memang sesuatu yang baik dan menguntungkan untuk semua pihak. Tidak saja kita sebagai ayah dan bunda, tetapi bagus juga untuk sang buah hati. Karena dengan adanya sekolah   tatap muka banyak  hal positif yang bisa di dapatkan kita sebagai ayah dan bunda atau sang buah hati :

1.Keuntungan bagi kita sebagai ayah dan bunda dengan adanya sekolah tatap muka

Maka kita sebagai ayah dan bunda akan bisa berkonsentrasi dengan kesibukannya. Dan  keuntungan itu setidaknya akan menjadi satu hal yang baik untuk sang buah hati karena mereka sudah akan terbiasa untuk melakukan semua hal secara mandiri tanpa bantuan ayah bunda. Berbeda dengan kondisi pada saat daring karena semua hal seakan ayah dan bunda yang melakukannya.

2.Keuntungan bagi sang buah hati  sudah  jelas cukup banyak. Salah satu yang bisa kita sebagai orang tua lihat adalah bahwa dengan sekolah  tatap muka akan  bisa mempercepat sifat dewasa dari sang buah hati.

Itulah beberapa hal yang membuat sekolah tatap muka sebenarnya bagus untuk semua pihak. Asalkan semua pihak memang berada pada posisinya masing-masing. Dengan begitu semua bisa bertanggung jawab sesuai tugas dan tanggungjawabnya.

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?