| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Ayah dan Bunda Perlu Tahu, Lebih Efektif mana Bimbel Online atau Bimbel Offline

Ayah dan Bunda Perlu Tahu, Lebih Efektif mana Bimbel Online atau Bimbel Offline
November 16, 2021 laskarui
In News

Mengatakan bahwa yang lebih efektif dari dua model bimbingan  belajar, memang hal itu tidaklah mudah. Tetapi bukan juga sesuatu yang sulit, karena keduanya sudah pasti memiliki ciri  khas dan spesifikasi  yang berbeda-beda. Namun keduanya memang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu para siswanya untuk mencapai tujuan belajar yang lebih baik. 

Namun jika kita ingin bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya dari perbedaan dari kedua konsep bimbel tersebut. Pasti hasilnya akan memiliki manfaat tidak saja bagi siswa didik yang menjalani bimbingan  tersebut. Atau bisa juga bagi ayah dan bunda yang ingin memasukan sang buah hatinya dalam sebuah program bimbingan  belajar.   Dengan penjelasan berikut kami  yakin ayah dan bunda akan bisa mengambil satu kesimpulan dari kedua model pembelajaran tersebut. 

Bicara soal bimbel memang saat  ini kita sebagai orang tua harus pandai-pandai dalam memilah dan memilih bimbel mana yang cocok untuk sang buah hati kita. Karena bimbel itu bukan untuk menggantikan proses  belajar formal di sekolah. Tetapi bimbel adalah sarana untuk menambah jam belajar di sekolah agar buah hati kita bisa lebih paham dengan  mata pelajaran  yang diajarkan di sekolah. Sehingga hasilnya benar-benar maksimal sesuai dengan apa yang kita sebagai orang tua harapkan.  Karena salah dalam memilih bimbel hasilnya bukan saja akan merugikan kita sebagai orang tua tetapi juga bagi sang buah hati yang bersangkutan.  Itulah yang menjadi dasar kenapa pada akhirnya kita mesti benar dalam memilihkan bimbel untuk buah hati kita. 

Pada dasarnya saat ini bimbel modelnya bisa online dan offline, dimana keduanya memiliki spesifikasi sendiri-sendiri.  Namun agar ayah dan bunda bisa  lebih paham, berikut kami coba jelaskan perbedaan dari kedua bimbel tersebut : 

BIMBEL OFFLINE : 

 Terdapat beberapa spesifikasi untuk bimbel offline yang sering menjadi acuan bagi sang buah hati dalam mengikuti pola belajar yang ada di lokasi bimbel setempat.  Minimal ada 3 hal yang membedakan bimbel offline dengan online dengan penjelasan seperti berikut ini : 

  1. Bimbel Offline biasanya dilakukan oleh pengajar dengan model pembelajaran tata muka dan jadual pelajarannya adalah terjadual. Sehingga kedua belah pihak, baik siswa maupun pengajar akan tahu kapan waktu belajar dan jam belajarnya . 
  2. Bimbel Offline biasanya akan menggunakan model  belajar dengan cara tatap muka langsung dengan pengajar atau tutornya. Dimana sang tutor akan memberikan pembekalan materi belajar sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan oleh manajemen bimbel yang bersangkutan. 
  3. Bimbel Offline yang menarik adalah siswa bisa bertemu dengan teman baru, baik yang satu kelas atau tidak satu kelas. Sehingga siswa akan bisa bertukar pengalaman karena berada di sekolah yang berbeda-beda. Inilah menariknya bimbel offline karena akan semakin  memperbanyak teman. 

BIMBEL ONLINE : 

Berbeda dengan bimbel offline, karena bimbel online adalah sebuah sistem yang tidak mempertemukan kedua pihak  bak tutor ataupun siswa. Pertemuan  yang terjadi hanya di media online atau maya. Sehingga semua hal hanya bisa terjadi di dunia maya, dengan kondisi sebagai berikut  : 

  1. Baiknya untuk bimbel online, siswa tidak harus datang ke lokasi bimbel. Sehingga dimanapun kita berada masih tetap bisa belajar dengan tutor karena sistemnya online. Itulah salah satu kelebihan bimbel online  yang bisa didapatkan oleh siswa..
  2. Baiknya untuk bimbell online, malah video pembelajarannya bisa di tonton kapan saja. Tetapi sebaliknya hal  ini juga bisa dilakukan oleh bimbel offline.   Tetapi memang untuk bimbel online frekuensi untuk belajar dengan cara online sangat banyak dan memang itulah model  belajarnya. 
  3. Bimbel online itu memang memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah praktis, fleksibel dan irit. Karena modelnya tidak harus datang ke lokasi, bisa dilakukan dari rumah dengan jam yang ditentukan bersama.  Ini akan menjadi satu model yang menguntungkan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. 

Jika ayah dan bunda sudah mengetahui konsep dan model dari kedua model tersebut. Maka tinggal menentukan  pola atau model mana yang akan di pilih, sehingga bisa dikatakan  apapun kondisinya bisa menentukan dengan bimbel offline atau online. Karena ayah dan bunda sudah tahu kelebihan dari masing-masing. Dan yang paling penting harus tahu tujuan dari sang buah hati kita dimasukan dalam bimbingan belajar yang bersangkutan.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?