| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tips Belajar Efektif dan Hemat Biaya bagi Anak-Anak

Tips Belajar Efektif dan Hemat Biaya bagi Anak-Anak
November 8, 2021 laskarui
In News

Proses belajar memang tidak akan ada habisnya, dari kecil hingga dewasa kita semua harus terus belajar. Karena itu salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan oleh ayah dan bunda adalah bagaimana cara terbaik kita sebagai orang tua agar sang buah hati bisa melakukan aktivitas belajar secara baik dan benar.  Karena bagaimanapun juga kesuksesan sang buah hati dalam belajar salah satunya ditentukan oleh kita sebagai orang tua bagaimana menciptakan pola  belajar yang baik sehingga sang buah hati bisa menjalankan apa yang dibuat oleh kedua orang tuanya. 

Bagi para ayah dan bunda yang memang ingin tahu seperti apa konsep belajar yang baik bagi sang buah hatinya.  Ada 10 tips belajar efektif dan hemat biaya bagi anak-anak dirumah, Konsepnya sendiri memang cukup beragam,  tetapi jika kondisi itu dilakukan sudah pasti sang buah hati akan bisa merasakan manfaatnya : 

  1. Ayah dan bunda coba untuk menjadikan proses belajar dari sang buah hati sebagai sebuah kebutuhan.  Dengan mengkondisikan seperti itu maka sang anak akan bisa paham kenapa dirinya harus selalu terus   belajar dan belajar. Karena mereka paham bahwa belajar itu adalah sebuah proses.
  2. Ayah dan bunda coba arahkan untuk sang buah hatinya belajar di tempat atau lokasi yang menyenangkan. Dengan melakukan hal tersebut, maka sang buah hati akan terbiasa belajar dengan mengedepankan rasa nyaman dari lingkungan di mana mereka belajar. 
  3. Ayah dan bunda ada baiknya coba untuk menyusun target belajar bagi sang buah hati.  Dimana target belajar yang di maksud harus memiliki tujuan yang bisa dicapai sehingga target tersebut bisa sebagai parameter bagi ayah dan bunda dalam menilai proses belajar dari sang buah hati.
  4. Ayah dan bunda ada baiknya ketika sedang mengajarkan kepada sang buah hati belajar di rumah. Cobalah untuk memposisikan dirinya menjadi seorang guru. Dengan cara seperti itu maka ayah dan bunda akan lebih bisa mengajarkan dengan baik kepada sang buah  hati ketika sedang belajar di rumah.
  5. Ayah dan bunda jangan lupa untuk selalu menyertakan model latihan ujian dalam proses belajar dengan sang buah hati. Hal ini untuk kita bisa mengukur seberapa efektif dan efisien program  belajar yang kita berikan kepada sang buah hati. Karena semua  hal akan diakhiri dengan adanya latihan ujian.
  6. Ayah dan bunda jangan paksa buah hatinya selalu belajar, berikan waktu untuk mereka bisa bermain baik di rumah ataupun dengan teman-temannya. Hal ini untuk membuat mereka lebih rileks dalam belajar. Semakin santai dan rileks mereka dalam menyikapi pelajaran semakin mudah mereka menjalankan proses belajar di rumah.
  7. Ayah dan bunda juga harus bersikap kritis terhadap proses belajar yang  buah hatinya dapatkan baik di sekolah maupun lingkungan lain di luar rumah. Karena dengan adanya sikap kritis tersebut kita sebagai orang tua akan bisa menyeimbangkan apa  yang di dapat dari sang buah hati dengan pola  pembelajaran dirumah. Sehingga dengan adanya sikap kritis tersebut kita akan bisa mendapatkan pola belajar yang tepat untuk sang  buah hati.
  8. Ayah dan bunda pada saat melakukan pembelajaran di rumah, cobalah untuk menghindari apa yang namanya gangguan baik yang berasal dari musik, televisi atau lainnya.  Dengan menghindari adanya gangguan tersebut maka proses belajar bisa dilakukan dengan cukup baik. Itu menjadi penting bagi ayah bunda dalam memberikan pengajaran pada buah hati di rumah.
  9. Ayah dan bunda coba ajak sang buah hati melakukan review singkat pada saat sang anak ingin tidur. Hal itu perlu dilakukan  untuk melihat sejauh mana tingkat pemahaman mereka dalam menangkap pelajaran yang ada. 
  10. Ayah dan bunda sebelum akhirnya kita tutup satu hal terakhir yang bisa kalian lakukan pada saat mengajarkan pada sang buah hati adalah ajak mereka diskusi. Dengan diskusi kita sebagai orang tua akan bisa tahu sampai seberapa jauh tingkat pemahaman mereka dalam menerima pembelajaran di rumah.

Lakukan semua hal secara berulang, dengan cara seperti itu maka ayah dan bunda akan bisa memberikan sesuatu yang  terbaik bagi sang buah hati dalam proses belajar  yang dilakukan di dalam rumah. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?