| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tips Bagi Sang Buah Hati Agar Sukses dalam Ujian Akhir

Tips Bagi Sang Buah Hati Agar Sukses dalam Ujian Akhir
November 8, 2021 laskarui
In News

Siapapun namanya,  apapun kondisi sekolahnya sudah pasti yang namanya ujian akhir semester memang menjadi salah satu cara untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka selama proses belajar dan mengajar. Yang mana dalam setiap proses ujian memang setiap siswa akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda tergantung tingkat pemahaman mereka selama mengikuti proses  belajar dan mengajar. 

Seperti itulah ayah dan bunda kondisi yang mesti di pahami.  Bahwa pemahaman siswa dalam menerima pelajaran sudah pasti akan berbeda satu dengan lainnya. Sehingga salah satu cara yang bisa di lakukan adalah mencoba pemahaman yang benar kepada sang buah hati tentang pendekatan ujian akhir semester bagi sang buah hati dirumah. 

8 Tips Bagi Sang Buah Hati Agar Sukses dalam Ujian Akhir 

Nah bagi ayah dan bunda yang masih bingung dalam membantu sang buah hatinya untuk bisa mengoptimalkan kondisi agar bisa maksimal dalam menghadapi penilaian ujian semester. Maka berikut kami coba sharingkan 8 tips untuk ayah dan bunda pahami  bagaimana sebaiknya  : 

  1. Pada saat akan berlangsungnya penilaian ujian akhir semester. Biasanya akan selalu ada kisi-kisi dari ujian tersebut. Ada baiknya kisi-kisi tersebut ayah dan  bunda pahami dan sampaikan kepada sang buah  hati.  Dengan memberikan penjelasan  tersebut maka sang buah  hati akan bisa paham model ujian seperti apa yang akan dijalani nantinya bagi sang buah hati.
  2. Cobalah untuk ayah dan bunda untuk mengingatkan kepada sang buah hati  untuk selalu mengulang materi pelajaran yang akan diujikan tetapi kedalaman materinya belum kalian pahami dengan baik.  Sehingga cara terbaik adalah mencoba mengulang materi yang belum  paham tadi sehingga menjadi paham. 
  3. Ada baiknya ayah dan bunda sampaikan kepada sang  buah hati untuk selalu mengulang materi yang telah diajarkan. Karena dengan begitu tidak ada lagi sistem kebut 1 malam dalam belajar. 
  4. Ayah dan bunda juga berharap bisa memberikan pemahaman yang benar kepada sang buah hati.  Bahwa melakukan persiapan itu penting agar semua materi yang diajarkan pada saat ujian bisa diselesaikan dengan baik.
  5. Ayah dan  bunda juga bisa memberikan masukan kepada sang buah hati terkait  hal-hal yang tidak dipahami oleh sang buah hati. Caranya bisa dengan meminta sang buah hati bertanya kepada gurunya terhadap materi yang belum dipahaminya. 
  6. Karena di sekolah ada perpustakaan, maka sebaiknya ayah dan bunda juga bisa meminta sang buah hati untuk sering sering berkunjung ke perpustakaan untuk mendapatkan tambahan ilmu dari buku yang ada di sana.
  7. Cara terbaik lain yang mungkin bisa ayah dan  bunda lakukan adalah meminta sang buah hati untuk melakukan belajar kelompok dengan teman-temannya. Dengan belajar kelompok maka pelajaran yang tidak bisa pun akan menjadi bisa karena adanya saling mengajarkan.
  8. Nah jika semua hal telah dilakukan dan mungkin belum optimal, maka ayah dan bunda bisa juga mengajukan kepada sang buah hati untuk ikut dalam model belajar  bimbingan  belajar.  Bisa dilakukan dengan mendatangi ke lokasinya atau model  online, semua disesuaikan dengan kebutuhannya.
  9. Sedangkan ketika sedang berada di rumah ayah dan bunda juga bisa meminta sang buah hati untuk belajar atau melakukan try out melalui materi materi uji yang ada bersifat online. Dengan terbiasa melakukan tryout maka akan menjadikan mereka siap secara mental. 
  10. Yang terakhir adalah baik ayah dan bunda juga sang buah hati untuk selalu berdoa bersama-sama terutama pada saat mendekati hari pelaksanaan ujian. 
Baca Juga  Strategi Cerdas Memulai Homeschooling Untuk Anak Sesuai Pendapat Pakar

Semua hal diatas bisa  jadi satu hal positif yang dilakukan ayah dan bunda  bersama sang buah hati di rumah. Dengan cara seperti itu maka optimalisasi  belajar sang buah hati akan bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal pula. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?