| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Cara mudah menghafal rumus matematika

10 Cara mudah menghafal rumus matematika
Oktober 7, 2021 laskarui
In News

Mungkin pada saat kita bersekolah, kita akan selalu dihadapkan pada pelajaran matematika. Kadang kita merasa bahwa matematika itu susah, matematika itu sulit, matematika itu menyebalkan. Padahal kalau adik adik sedikit aja membuka hati dan pikiran adik-adik sekalian. Sebenarnya dalam hidup kalian sehari-hari, kalian  selalu menggunakan matematika. Dengan kata lain, kalian sebenarnya sudah menggunakan matematika sejak dahulu dan kalian tidak akan bisa lepas dari yang  namanya matematika. 

Ambil contoh mudah misalnya, pasti adik-adik sudah tahu yang namanya  uang dan selalu menggunakan    uang untuk aktivitas adik-adik setiap hari. Bukan saja  soal uang, bagi adik-adik yang suka bermain dengan games, itu sebenarnya juga kalian sedang bermain dengan matematika.  Serta beberapa bagian lain dari hidup kalian bahwa sebenarnya kalian itu sudah menggunakan matematika dalam kehidupan kalian sehari-hari. 

Nah matematika itu mudah bukan,  kalian adik adik pasti suka menggunakan matematika apalagi jika berhubungan dengan yang namanya uang.  Pada akhirnya kalian adik-adik yang masih sekolah pasti sekarang bisa merasakan bahwa matematika itu menyenangkan bukan. Bagaimana caranya jika kalian  tidak paham soal matematika, pasti kalian akan mudah ditipu orang terkait soal uang. Itulah salah satu ruginya ketika kita tidak suka dengan matematika. 

Sebenarnya, ketika adik adik bisa sedikit aja membuka hati dan pikiran kalian tentang matematika, maka kalian  tidak akan merasa bahwa matematika itu sesuatu yang menakutkan. Terlebih jika kalian tahu bagaimana pentingnya kita memahami matematika dalam kehidupan kita sehari-hari.  Hanya memang ketika kalian  belajar matematika dan harus berhadapan dengan rumus-rumus. Ada strategi yang bisa kita jalankan agar kita tidak harus selalu menghafal rumus dan bisa mengerjakan soal matematika dengan baik dan benar. 

Bagi adik-adik yang saat ini masih dalam masa pembelajaran dan masih berusaha untuk bisa mengerti bagaimana memahami matematika dan rumus-rumusnya maka ada beberapa hal  yang bisa kalian pelajari agar bisa mengerjakan soal-soal matematika secara baik dan benar. 

  1. Niat , itulah awal pertama yang mesti kalian  pahami dalam melakukan apapun. Dengan niat kalian akan bisa dengan mudah melakukan berbagai aktivitas secara benar. Karena niat adalah bagian penting bagi kita  untuk  bisa fokus. 
  2. Belajarlah untuk coba menyukai pelajaran matematika. Dengan kita mencoba menyukai pelajaran matematika, maka kita akan dengan mudah menyimak dan menghafal apa yang  ingin kita hafal. Kenapa, karena kita tidak ada beban dalam mempelajarinya karena dasarnya sudah senang. 
  3. Cobalah lakukan menghafal rumus dengan menggunakan warna . Ambil contoh rumus matematika untuk perhitungan kubus atau persegi menggunakan warna merah, kemudian  rumus untuk matematika lainnya menggunakan warna kuning. Dengan kita menghafalkan warnanya secara tidak langsung kita akan mudah menghafal rumusnya.
  4. Cobalah lakukan menghafal rumus dengan menggantinya dengan kata ganti atau kalimat. Misalnya rumah  balok diubah dengan menggunakan kata ganti atau kalimat yang mudah adik adik ingat. Intinya cobalah menggunakan sesuatu  yang mudah kalian ingat agar kalian tidak terlalu sulit dalam menghafal rumus matematikanya.
  5. Adik adik coba biasakan untuk tidak harus selalu menggunakan  kalkulator dalam menghitung  soal-soal matematika. Dengan kondisi seperti itu maka adik adik akan terbiasa menggunakan tangan atau apapun sehingga tidak ketergantungan dengan kalkulator. Itu bagus untuk membiasakan dari bagi adik adik pada saat tidak sedang memegang kalkulator
  6. Ini  hal yang perlu adik adik lakukan, kalian pasti suka dengan games. Cobalah games  itu menjadi dasar bagi kalian dalam mempelajari soal-soal matematika. Karena cara belajar dengan bermain games selain mengasyikkan juga  tidak akan membosankan.
  7. Kondisi ini juga penting, coba kalian adik adik biasakan untuk menggunakan matematika dalam kehidupan  kalian sehari-hari. Jadi bisa belajar sambil bermain atau belajar sambil bekerja membantu orang tua. Itu juga akan membiasakan adik adik selalu menggunakan matematika. 

Itulah beberapa hal yang mesti menjadi perhatian adik adik sekalian. Ketika kita menyukai suatu hal, maka apa yang menurut kita sulit menjadi mudah. Begitu Pula dengan soal matematika, ketika kalian merasa bahwa rumus-rumus matematika itu sulit. Maka kalian  harus bisa mencari  cara bagaimana menyederhanakan soal atau kondisi yang ada sehingga semuanya menjadi menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?