| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Informasi Terkini Update Model Belajar di Tahun Ajaran 2021

Informasi Terkini Update Model Belajar di Tahun Ajaran 2021
January 28, 2021 laskarui
In News
Informasi Terkini Update Model Belajar di Tahun Ajaran 2021

Pandemi masih berjalan hingga saat ini, namun bukan berarti proses belajar dan mengajar terhenti hanya karena faktor pandemi.  Itulah kondisi terkini yang saat ini  terjadi pada dunia pendidikan, bahwa proses belajar dan mengajar mesti dilakukan hanya memang dengan metode yang berbeda.

Dunia pendidikan saat ini memang sedang dilanda pandemi, seperti juga yang terjadi pada dunia bisnis. Bahwa kondisi pandemi mengharuskan kita selaku pelaku mesti melakukan dan mencari alternatif terbaik agar semua proses bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Begitu pula dengan dunia pendidikan,  ketika kondisi pandemi sedang melanda, maka perlu dicarikan alternatif  terbaik agar proses belajar dan mengajar tetap berlanjut. Itulah  yang saat  ini menjadi perhatian dari pemerintah dan pejabat terkait agar  anak-anak kita tetap bisa belajar dengan baik sekalipun kondisinya berbeda.

Adalah SKB (Surat Keputusan Bersama) antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri  Agama, Menteri Kesehatan.  Serta  tidak ketinggalan Menteri Dalam Negeri yang telah memberikan Panduan  Penyelenggaraan Pembelajaran. Karena saat ini adalah sudah masuk Semester Genap tahun ajaran Akademik 2020/2021 maka pemerintah telah mengeluarkan beberapa model pembelajaran sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

Terdapat dua cara yang saat ini sedang dijalankan oleh Pemerintah terkait dengan adanya SKB bersama menteri. Bahwa alternatif model pembelajaran itu adalah : (1) Proses  belajar dengan memanfaatkan jaringan Televisi Nasional TVRI. (2) Proses pembelajaran model Daring.  Dengan adanya dua model berikut maka anak-anak yang masih dalam proses  belajar diminta untuk menyesuaikan kondisi yang ada sehingga mereka tidak tertinggal dalam menerima pelajaran.

Coba kita jelaskan satu persatu alternatif pembelajaran yang  telah di tentukan oleh pemerintah  tersebut. (1) Proses belajar  dengan memanfaatkan jaringan Televisi Nasional TVRI. Konsep ini memang benar, karena TVRI bisa diakses dimanapun berada, jaringannya yang luas makin memudahkan anak-anak dimanapun berada bisa menerima tayangan  pendidikan tersebut tanpa kesulitan mendapatkan siaran seperti jika dilakukan oleh TV swasta.

Seperti yang telah dijelaskan di beberapa media sebelumnya, bahwa untuk jadual pembelajaran jarak jauh  bisa dilihat sebagai berikut ini sesuai dengan jenjang pendidikan  yang ada : Jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 – 08.30 WIB. Jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 – 09.00 WIB. Jenjang SD kelas 2 pukul 09.00 – 09.30 WIB. Jenjang SD kelas 3 pukul 09.30 – 10.00 WIB Jenjang SD kelas 4 pukul 10.00 – 10.30 WIB. Jenjang SD kelas 5 pukul 10.30 – 11.00 WIB. Jenjang SD kelas 6 pukul 11.00 – 11.30 WIB.

Memang ada plus minusnya,  tetapi ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik dibanding tidak melakukan model pendidikan alternatif lainnya. Dan jika kondisi ini akan dilakukan, memang mesti adanya pendampingan dari  orang tua. Karena memang tidak mudah melakukan aktivitas belajar seperti saat ini, sehingga keberadaan orang tua menjadi salah satu kondisi yang perlu ada dalam menemani anak-anaknya dalam menjalankan proses belajar di rumah.

Penjelasan selanjutnya adalah proses belajar dengan menggunakan model belajar Daring.   Penjelasannya adalah model daring ini untuk tayangan anak-anak SD  biasanya akan mengikut  model pembelajaran sesuai dengan kurikulum.  Dengan tetap mengutamakan pemenuhan kompetensi literasi, numerasi dan penguatan karakter yang ada. Maka diharapkan model belajar Daring ini juga bisa memberikan kontribusi  yang maksimal untuk anak-anak kita.

Itulah dua hal yang mungkin bisa dijalankan dalam proses belajar dan mengajar yang telah disepakati oleh Pemerintah terkait. Dengan adanya SKB  beberapa menteri terkait, maka diharapkan proses belajar mengajar akan bisa menggantikan proses  belajar tatap muka.  Karena bagaimanapun caranya,  yang namanya proses belajar memang mesti dijalankan agar anak-anak  yang saat ini masih dalam tahapan belajar bisa dijalankan dengan baik.

Adalah LASKAR-UI homeschooling, sebuah lembaga pendidikan belajar yang saat ini bisa menjadi pendamping anak-anak anda selama belajar di rumah. Konsep pendidikan dan pengajaran yang diberikannya dengan mengutamakan kenyamanan siswa di rumah, maka LASKAR UI  banyak diminati oleh para   orang tua.  Karena bukan saja materinya  yang bisa disesuaikan dengan kurikulum yang diajarkan di sekolah. Tetapi LASKAR UI juga bisa memberikan materi tambahan yang akan membuat anak-anak kita tidak saja pandai dalam pelajaran tetapi juga pandai dalam ilmu lain di luar pelajaran di sekolah.

Coba anda masuk ke website : Https://laskarui.com/homeschooling.  Dan cobalah untuk berdiskusi dengan team pengajar yang ada di dalamnya. Dengan cara tersebut anda sebagai orang tua akan bisa mendapatkan insight positif  yang sangat berguna untuk mendukung proses  belajar putra putri anda di rumah.

LASKAR UI adalah salah satu solusi terbaik yang bisa diberikan kita kepada anak-anak kita dalam proses belajar Daring. Karena pengajar di LASKAR UI Homeschooling akan memberikan pendidikan dan pendampingan dengan menyesuaikan kondisi anak-anak kita Yang penting cobalah untuk membuka diskusi dengan team pengajar di LASKAR UI, dengan pengalaman mereka dalam  menjalankan proses belajar homeschooling sudah pasti mereka akan tahu bagaimana caranya mendidik dan mengarahkan anak-anak anda sehingga mereka bisa menyelesaikan  tugas dan tanggung jawab sesuai dengan apa  yang menjadi tujuan orang tua.

Jangan ragu untuk menjadikan LASKAR UI sebuah media pendampingan bagi  putra putri anda. Karena jangan sampai hanya karena anak-anak anda tidak bisa menyesuaikan kondisinya dengan dua model pembelajaran versi pemerintah trus kita sebagai orang tua diam saja. Lakukan yang terbaik untuk anak-anak kita, dan LASKAR-UI bisa menjadi media pendamping  guru di rumah. Sehingga semua proses belajar bisa dijalankan dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang diharapkan sekolah dan pemerintah tentunya.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?