| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Tips & Trik Mengatasi Anak-anak Yang Malas Belajar di Rumah

Tips & Trik Mengatasi Anak-anak Yang Malas Belajar di Rumah
January 27, 2021 laskarui
In News
Tips & Trik Mengatasi Anak-anak Yang Malas Belajar di Rumah

Di masa pandemi seperti saat ini, memang bagi anak-anak kita terkadang sulit untuk fokus dalam belajar. Namun kondisi seperti ini jika dibiarkan justru akan merusak motivasi belajar anak. Salah satu caranya adalah dengan mencari strategi agar anak semangat dalam belajar. 

Malas belajar bukan menjadi sebab bahwa anak-anak kita adalah anak  yang bodoh. Malasnya belajar pada anak-anak bisa disebabkan karena beberapa  hal. Seperti misalnya  si anak merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Si anak merasa materi yang diberikan oleh guru-nya  terlalu mudah sehingga tidak ada tantangan bagi dirinya.

Atau bisa juga masalah itu datang karena si anak merasa kurang nyaman dengan situasi atau kondisi pada saat belajar di rumah. Hingga masalah lain yang mungkin bisa menjadi penyebab anak-anak merasa malas untuk belajar seperti si anak merasa kelelahan sehingga bawaannya selalu mengantuk.

Banyak penyebab yang membuat anak-anak malas untuk belajar  pada saat di rumah. Padahal kita tahu saat ini belajar di rumah dengan model daring menjadi salah satu alternatif terbaik anak-anak belajar dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus mencoba mencari cara  terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada anak-anak kita.

Setidaknya  dari beberapa Tip atau Trik yang coba kita sampaikan bisa menjadi salah satu cara untuk mengubah sifat malas anak dalam belajar. Sehingga pada akhirnya anak-anak kembali semangat  untuk belajar di rumah.

1. Coba kita sebagai orang tua membangun komunikasi  dan relasi  yang baik dengan anak-anak kita.

Sehingga mereka merasa nyaman  berbicara dengan kita sebagai orang tua. Dengan cara-cara seperti ini, maka anak akan  terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dia suka dan tidak suka. Ketika sia anak mengutarakan kesulitannya dalam belajar, maka kita sebagai orang tua akan segera mencarikan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Cobalah kita sebagai orang tua mengenai cara terbaik  bagi si anak dalam belajar di rumah.

Ketika kita sebagai orang tua sudah bisa mengenali gaya-gaya belajar yang baik dari  anak-anak kita, maka si anak akan bisa mengikutinya. Dengan cara-cara tersebut maka kita sebagai orang  tua akan lebih mudah mengikuti apa  yang diinginkan oleh si anak.

3. Cobalah kita sebagai orang tua untuk membuat suasana atau kondisi tempat belajar anak dengan baik.

Atau bisa juga dengan menyusun tempat anak belajar sesuai keinginannya. Dengan kita menyesuaikan keinginan si anak dalam membuat atau mengelola ruang belajar atau tempat belajarnya sesuai dengan keinginan si anak, maka si anak akan suka dan kembali semangat dalam  belajar.

4. Cobalah ajak si anak untuk menentukan seperti apa tujuan dari anak dalam belajar.

Sebaik-baiknya kita sebagai orang tua adalah bisa membimbing dan mengarahkan tujuan belajar dari si anak. Dengan kita tahu arah dan tujuan belajar dari si anak, maka anak akan lebih senang karena tujuan belajarnya sesuai dengan apa yang diharapkan kedua orang tuanya.

5. Membiasakan diri untuk membantu anak dalam menentukan sistem dan pola  belajarnya di rumah.

Sehingga anak akan  terbiasa untuk mengikuti pola dan sistem belajar yang telah ditentukan bersama. Menjadi orang tua adalah kita bisa juga menjadi guru di rumah. Dengan mengkondisikan hal seperti itu, maka kita sebagai orang tua bisa juga mengarahkan anak-anak kita untuk selalu mengikuti sistem dan pola belajar yang telah ditentukan bersama kedua orang tuanya. Dengan cara seperti itu maka kedua belah pihak bisa saling mengingatkan.

6. Membiasakan diri kita sebagai orang tua untuk menghargai apa yang dicapai si anak dalam belajar.

Jangan terlalu fokus pada prestasi dalam mendidik anak untuk belajar. Salah kaprah dalam mendidik anak dalam belajar bisa menjadikan anak menjadi malas dalam belajar. Ingat bahwa anak-anak adalah pribadinya sendiri, jangan menjadikan pribadi si anak sama dengan diri kita sebagai orang tua. Cara terbaik dalam mendidik anak agar mereka tidak malas dalam belajar adalah dengan selalu menghargai apa saja yang dicapai si anak.

Hal ini akan membuat anak – anak kita akan melihat dan mencontohnya. Cara terbaik  yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah memberikan contoh. Contoh terbaik dari orang tua adalah dengan memberikan contoh yang bisa di lihat anak di rumah. Begitu pula dalam  soal belajar.  Jangan meminta anak untuk fokus dalam belajar, sementara kita tidak mencontohkannya dengan baik. Jadi mulailah dengan memberikan contoh terbaik bagi si anak dengan kita melakukannya sendiri di rumah, sehingga anak akan mudah untuk melihat apa yang kita lakukan.

Itulah beberapa hal yang menjadi tip atau trik yang mungkin bisa kita lakukan di rumah. Karena jika kita tidak mulai mencobanya, tidak mungkin akan terjadi perubahan yang positif bagi si anak. Namun di luar itu semua jika kita sebagai orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi si anak ada baiknya kita selalu mencarikan cara terbaik dalam memberikan pendidikan yang  layak.

Sejatinya ada juga cara  yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk mendidik anak yang malas dalam belajar.  Kita sebagai orang tua bisa mengundang Lembaga Bimbingan Belajar Laskar-UI. Ini adalah salah satu lembaga pendidikan yang  terbiasa untuk membantu para orang tua yang terkadang merasa kesulitan dalam mendidik anaknya agar  tidak malas dalam belajar. Dengan konsep dan model pendidikan yang biasa diberikan kepada siswa didiknya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Laskar-UI  hingga saat ini selalu menjadi mitra para  orang tua dalam mendidik putra putrinya.

Anda sebagai orang tua bisa masuk ke website Laskar-UI : Https://laskarui.com/homeschooling . Cobalah untuk melakukan konsultasi dengan team pengajar yang ada di Laskar UI sehingga mereka bisa menentukan cara dan model belajar seperti apa yang tepat untuk mendidik putra putri kita.  Karena keterbukaan kita sebagai orang tua akan memudahkan pihak Laskar UI untuk menyusun dan memberikan pola didikan yang  terbaik untuk putra putri kita selama anak – anak kita belajar di rumah.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?