| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7 Cara Mengatasi Anak Yang Mengalami Broken Home Dalam Belajar

7 Cara Mengatasi Anak Yang Mengalami Broken Home Dalam Belajar
January 13, 2021 laskarui
In Uncategorized
7 Cara Mengatasi Anak Yang Mengalami Broken Home Dalam Belajar

Anak adalah tetap anak, salah jika dikatakan  bahwa mereka adalah korban atau penyebab masalah kedua orang tuanya. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa ketika anda kedua orang tua mengalami masalah sehingga harus berpisah. Satu hal yang menjadi “PR” anda, bahwa anak-anak harus tetap mendapatkan apa yang seharusnya dia dapat yaitu pendidikan yang layak. 

Pendidikan adalah hak semua anak, tidak saja anak yang orang tuanya baik-baik saja, atau anak-anak yang mengalami kondisi orang tuanya bercerai.  Semua itu adalah masalah bagi kedua orang tuanya bukan bagi anak-anak mereka. Jadi akan salah jika kalian sebagai orang tua kurang memperhatikan mereka hanya karena kondisi anda.

Bercerai itukan  hanya dampak, tetapi anak anda itu adalah tanggung jawab.  Pertanggungjawaban anda kepada Sang Maha Kuasa, jika anda mempermasalahkan kondisi bercerai anda maka artinya anda menjadi pribadi yang  rugi dunia akhirat. Dan itu harus anda pertanggung jawabkan nanti di akhirat.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kondisi anak-anak yang mengalami broken home. Semuanya itu harus dijalankan dengan baik, kenapa karena tujuan kita adalah agar anak-anak tetap mendapatkan pendidikan yang  layak walau dalam kondisi keluarga yang  kurang normal.

Berikut coba kami rangkumkan 7 cara untuk memberikan pengajaran pada anak-anak yang mengalami kondisi broken home. Ini hanya cara atau strategi, semuanya tetap berpulang pada diri anda sebagai orang tua yang akan menjalankan ke-7 cara tersebut agar sukses.

1. Cobalah sekecil apapun, jangan berusaha memperlihatkan masalah yang anda alami di depan anak anda. Ketika anda memperlihatkan keributan atau perselisihan yang terjadi pada kalian, maka hal itu akan mempengaruhi pola belajar si anak. Dengan kata lain, anak akan melihat bahwa untuk apa dirinya menjadi anak baik sedang orang tuanya sendiri tidak baik. Jadi apapun kondisi kalian sebagai orang tua, tolong di hadapan anak-anak berlaku baik..

2. Biasanya dalam kondisi apapun ajarkan untuk anak berpikiran positif. Jika kalian sebagai orang tua mengajarkan kondisi tersebut maka anak akan terbiasa untuk melakukan hal itu. Jika pikiran positif selalu ada dalam pikiran anak anda, maka pola belajar anak anda dalam kondisi apapun akan tetap terjaga dan itu juga menguntungkan bagi kalian sebagai orang tua.

3. Penyesalan itu adalah efek,  jadi berusaha untuk mengajarkan kepada anak anda untuk tidak mudah melakukan penyesalan pada diri sendiri. Penyesalan itu adalah pikiran negatif, ketika anak anda selalu berpikiran negatif maka pola pengajaran seperti apapun tidak akan bisa maksimal bagi anak anda. Karena anak sudah terpola untuk berpikiran negatif, tetapi jika sebaliknya maka anda akan diuntungkan karena perceraian yang anda alami tidak dilihat secara negatif oleh anak anda.

4. Lakukan hal –  hal baru kepada buah hati anda dimanapun. Memberikan hal-hal baru pada anak-anak sekalipun dalam kondisi anda yang sedang bercerai pada akhirnya akan mengalihkan pikiran anak anda kepada masalah  yang sedang  terjadi. Jadi sebaiknya alihkan masalah yang sedang anda hadapi di rumah dengan mengajak anak-anak untuk selalu melakukan hal baru walaupun kecil.

5. Jadilah orang tua sebagai tempat berbagi untuk anak- anak anda. Setiap keluarga pasti memiliki masalah, tetapi orang tua yang bijak adalah tidak akan menyertakan masalah dirinya kepada anak-anak anda. Jadi cara terbaiknya adalah berusaha untuk menjadi pribadi yang baik untuk anak-anak anda. Jadilah sebagai layaknya seorang sahabat bagi anak-anak anda sehingga mereka akan  terbiasa untuk terbuka.

6. Jika anda sebagai orang tua merasa kesulitan cobalah cari cara untuk melakukan treatment khusus agar bisa menyelesaikan masalah. Sebuah masalah harus dicari solusinya.  Sama halnya dengan masalah perceraian anda, jika anda ingin anak-anak tetap menjadi anak yang baik cobalah untuk mencari solusi terbaik bagi anda dan buah hati anda.  Jangan hanya karena perceraian kalian justru anak anda terkena imbas dengan merusak pola belajar mereka . Jadilah orang tua yang bijak dalam kondisi apapun demi anak anda.

7. Bagaimanapun caranya, coba untuk tetap menjaga keintiman  keluarga. Sekalipun sulit dan memang sulit untuk dilakukan, tetapi jika kalian berpikir bahwa anak harus tetap menjadi anak yang baik, cobalah untuk berusaha tetap bersikap baik di hadapan anak-anak anda. Sikap intim kalian di hadapan anak-anak tidak akan membawa efek negatif bagi anak dan pola belajar anak. Tetapi jika keintiman anda hilang di hadapan anda, maka jangan salahkan mereka jika pada akhirnya mereka mencari jalan hidupnya sendiri.  Dan jika itu terjadi maka anda adalah orang tua yang rugi.

Perceraian itu memang hak semua orang yang berkeluarga, tetapi satu hal yang mesti diingat jika perceraian kalian tidak ada anak itu hanya kalian yang menanggung. Tetapi jika sudah ada anak, maka jangan sampai anak justru menjadi pihak yang mengalami kerugian yang berlipat. 

Tetapi jika kondisi seperti diatas sulit untuk kalian lakukan , cara terbaik lainnya adalah mencoba menghubungi lembaga pendidikan model Homeschooling. Adalah Laskar UI Homeschooling, sebuah lembaga pendidikan yang akan bisa menjadi penengah bagi para orang tua yang terpaksa harus  berpisah  tetapi kalian masih  ingin anak-anak anda menjadi anak yang  baik.

Anda bisa masuk ke website berikut : Https://laskarui.com/homeschooling Setelah itu cobalah anda berkonsultasi dan utarakan semua hal yang menjadi kesulitan anda. Karena dari team Laskar UI akan berusaha  untuk mencarikan solusi terbaik untuk kalian orang tua dan anak-anak kalian. Ingat anak-anak butuh pendidikan yang layak, jadi tugas kalian sebagai orang tuanya lah yang mesti menyediakan kondisi itu bagi anak-anak anda.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?