| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7  Metode Belajar dan Mengajar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus 

7  Metode Belajar dan Mengajar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus 
January 12, 2021 laskarui
In Uncategorized
7 Metode Belajar dan Mengajar Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Bicara soal anak berkebutuhan khusus, memang saat ini kondisinya tidak seperti zaman dahulu. Dimana dahulu kita merasa malu memiliki anak-anak yang berkebutuhan  khusus, tetapi saat ini zaman sudah berubah. Bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki hak yang sama dalam menerima pendidikan yang layak. 

Sekalipun berbeda kata-kata pendidikan yang layak untuk anak-anak normal dan anak berkebutuhan  khusus. Tetapi jika kita mau ambil hikmahnya, dalam kata-kata pendidikan yang layak itu sebenarnya ada rasa tanggung jawab  yang mesti kita berikan kepada mereka. Karena mereka adalah juga masa depan kita, mereka adalah putra putri terbaik yang akan menjadi penerus generasi bangsa. Jadi jangan melihat kekurangan mereka, tapi coba lihat semangat yang mereka berikan pada saat mereka menerima pelajaran. Antusiasme yang mereka perlihatkan justru itulah semangat yang mesti kita terus kobarkan agar mereka bisa menjadi pribadi yang  mandiri.

Memang untuk mengajarkan pelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus tidak semuanya sama. Ada beberapa perbedaan yang dilihat dari kondisi si anak. Tetapi jika kita mau melihatnya secara global, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa di carikan benang merah atau cara yang sama untuk memberikan pengajaran bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Ada 7 metode atau cara yang mungkin bisa kita jalankan untuk mengajar mereka yang memiliki kebutuhan  khusus.   Yang terpenting adalah kita tahu apa saja kekurangan dan kelebihan mereka setelah itu baru kombinasikan apa yang  ingin kita berikan pada mereka. 

1. Coba selalu melakukan interaksi pada saat mengajar. Interaksi memang bisa berbeda-beda, bisa secara langsung atau tidak Bisa interaksi dengan ucapan atau  tindakan. Yang penting interaksi tersebut bertujuan untuk membuat si anak mereka yakin dan tahu bahwa sang guru sedang fokus pada dirinya.

2. Langkah pertama memang sebaiknya kita melakukan observasi terhadap anak tersebut. Ketika observasi telah kita lakukan, setidaknya kita bisa mendapatkan beberapa catatan penting terkait kondisi si anak.  Dengan catatan itulah kita akan bisa mencoba memberikan pengajaran sesuai dengan kondisi si anak.

3. Usahakan pada saat belajar, lingkungan yang didiami oleh anak-anak tersebut dalam kondisi aman dan nyaman. Ketika kondisi tersebut telah terpenuhi maka dalam masa belajar kita sebagai pengajar  bisa secara santai. Karena kenyamanan dan keamanan itu bisa menjadi salah satu pengganggu  yang akan bisa merusak konsentrasi si anak. Jadi usahakan kondisi   tersebut dibuat aman dan nyaman dahulu.

4. Dalam melakukan proses belajar mengajar, jangan bersikap kaku. Ada baiknya terapkan model yang fleksibel. Satu hal yang mesti diperhatikan bahwa mereka  bukan anak-anak normal. Jadi fleksibilitas menjadi satu hal penting juga bagi si anak agar mereka bisa lebih mudah untuk mengikuti pelajaran sesuai dengan kondisinya.

 5. Konsistensi menjadi satu hal penting dalam mengajar anak –anak berkebutuhan khusus.  Karena dengan konsistensi kita akan dengan mudah melakukan apa yang terbaik untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Jangan merubah kebiasaan atau pola belajar jika si anak sudah terbiasa dengan model  yang mereka suka. Karena itu sama artinya kita merubah atau bertentangan dengan apa yang dia suka.

6. Selalu berusaha  untuk menggunakan bahasa isyarat visual atau audio untuk mempermudah komunikasi. Komunikasi menjadi salah satu  hal penting dalam berdialog dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Karena kelemahan mereka adalah komunikasi, maka usahakan dalam mengajar faktor komunikasi dua arah jadi satu hal  yang terus diperhatikan.

7. Berusaha untuk selalu menjadi pengajar yang positif bagi anak  anak berkebutuhan khusus.Menjadi pengajar memang tidak mudah, apalagi pengajar untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Tetapi ketika kita ikhlas maka hal itu bisa dengan mudah kita berikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus yang menjadi siswa kita.

Di dunia ini memang hanya ada dua model anak, yaitu anak-anak normal dan anak-anak kurang normal . Dan anak-anak berkebutuhan khusus adalah model anak-anak yang kurang normal. Oleh karena  itu dalam melakukan pengajaran pun sebaiknya jangan menggunakan metode atau cara yang normal. Karena dengan cara normal belum tentu si anak bisa memahami apa yang kita ajarkan.

Cara kurang normal  atau cara khusus, pada akhirnya bisa menjadi solusi  terbaik  bagi kita para pengajar untuk memberikan pendidikan  bagi anak-anak   yang memiliki kebutuhan khusus. Karena kita tahu mereka adalah juga makhluk Tuhan dan mereka juga butuh pendidikan untuk masa depan mereka.

Jika saat ini anda memiliki putra putri yang memiliki kebutuhan khusus. Jangan ragu untuk berkonsultasi  dengan kami dari Laskar UI Homeschooling. Kami adalah lembaga pendidikan yang sudah pengalaman dalam memberikan pengajaran bagi anak-anak yang punya kebutuhan khusus. Anda tinggal masuk ke website kami di : Https://laskarui.com/homeschooling 

Setelah itu coba anda konsultasikan kondisi putra putri anda, dengan para pengajar kami yang ada di Laskar UI Homeschooling. Karena dari sanalah team pengajar kami akan berusaha untuk menyusun model dan metode belajar dengan disesuaikan kurikulum yang mesti diajarkan kepada putra putri anda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan baik, karena yang kita utamakan adalah putra putri anda. Semakin baik mereka mendapatkan pendidikan yang layak, semakin kita yakin bahwa mereka memiliki masa depan yang lebih baik.  Maka dari itu cobalah untuk terbuka dan memberikan semua informasi yang berhubungan dengan kondisi  putra putri anda. Karena kita yakin dengan kesabaran dan keseriusan kita mereka akan bisa jadi lebih  baik.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?