| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Kiat Memunculkan Bakat Pada Anak Sejak Dini

10 Kiat Memunculkan Bakat Pada Anak Sejak Dini
December 28, 2020 laskarui
In News
10 Kiat Memunculkan Bakat Pada Anak Sejak Dini

Minat dan bakat bagi seorang anak adalah anugerah yang telah Allah SWT berikan pada dirinya sejak lahir. Itulah yang pada akhirnya membuat seorang anak memiliki kemampuan yang berbeda. Karena  biasanya mereka akan melakukan dan mengembangkan apa yang dimilikinya  berdasarkan kondisi yang ada. Itulah yang pada akhirnya  harus disadari oleh para orang tua, bahwa anak memiliki bakatnya masing-masing.

Bicara soal  bakat dan minat yang dimiliki oleh seorang anak. Jelas  inilah yang membuat kita para orang  tua kadang ingin mengeksplor dirinya dengan beragam les atau pendidikan lanjutan bagi si anak. Kadang kita sebagai orang tua terlalu memaksakan kehendaknya sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dirinya. Tetapi mereka lupa, bahwa bakat dan minat itulah yang pada akhirnya akan menjadi penentu perkembangan bakat dan minat seorang anak.

Satu hal yang mesti menjadi perhatian bagi kita para orang tua, bahwa jangan sekali-kali kita memaksakan kehendak pada anak kita jika memang mereka tidak tertarik atau tidak suka. Karena yang ada bukannya sang anak akan berkembang, justru sebaliknya. Yang terjadi justru sang anak akan merasa tertekan dan pada akhirnya justru si anak akan merasa tidak nyaman dengan apa yang diinginkan kedua orang tuanya.

Cara terbaik yang bisa dijalankan para orang tua, ketika dirinya  ingin mengeksplor bakat dan minat pada putra putri kalian adalah sebagai berikut :

1. Ketika Anda berada dirumah, cobalah perhatikan kebiasaan dan kesukaan anak anda.

Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung kalian para orang tua akan tahu apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat anak anda. Ketika hal  itu telah kalian ketahui, langkah selanjutnya adalah mencoba untuk mencarikan pendidikan  lanjutan yang akan bisa membuat  bakat dan minat anak anda menjadi lebih terasah dengan baik.

2. Cobalah untuk membiarkan sang anak mengeksplor  apa yang dimilikinya.

Cara seperti ini juga berguna untuk membuat anak-anak kita menjadi  tahu apa yang sebenarnya minat dan bakatnya. Ketika sang anak melakukan tindakan ini, maka sudah bisa dipastikan mereka akan melakukannya dengan baik. Tugas kita sebagai orang tua hanya meyakinkan bahwa apa  yang dilakukan anak kita benar dan di jalan yang sudah sesuai dengan apa yang diharapkan anak dan  orang tua.

3. Berusaha  untuk membangun komunikasi yang positif antara anak dan orang tua.

Strategi  ini cukup efektif untuk kita para orang tua menjadi paham apa yang sebenarnya diinginkan anak kita. Karena anak-anak  yang berani mengungkapkan apa yang diinginkannya biasanya mereka sudah semakin tahu kemana minat dan bakatnya ingin di kembangkan. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua mengarahkan jika arahnya kurang benar.

4. Mencoba menempatkan anak pada posisi  yang terdekat dengan kita sebagai orang tua.

Menempatkan anak pada posisi  terdekat dengan kita sebagai orang tua, adalah cara terbaik juga bagi kita untuk bisa menentukan minat dan bakat sang anak yang sebenarnya. Karena dengan cara seperti itu sang anak akan menjadi pribadi yang lebih berani untuk membuat sebuah keputusan.  Tidak mudah memang mengembangkan kondisi seperti itu, namun jika kondisi seperti itu dibiasakan maka anak akan  terbiasa .

5. Cara terbaik adalah memberikan waktu yang cukup untuk anak bersosialisasi

Inilah salah satu strategi juga bagi kita para  orang  tua  agar bisa lebih memahami kondisi si anak. Dengan kita membiarkan sang anak bersosialisasi dengan lingkungan atau dengan kita sebagai orang tua, secara  tidak langsung juga akan membuat anak kita menjadi pribadi yang lebih berani dalam mengambil keputusan dan  kesempatan. Namun tetap kita harus berusaha mendampinginya agar tidak salah  jalan. 

6. Mencoba mengikutkan anak dalam beberapa perlombaan.

Mengantarkan anak untuk berusaha berani tampil, inilah salah satu strategi yang biasa kita jalankan sebagai orang  tua. Kenapa, karena dengan cara seperti ini sekaligus kita akan melihat perkembangan  anak kita pada saat sedang melakukan perlombaan  tersebut.  Itulah sebabnya ketika kita melakukan hal itu usahakan kita sebagai orang tua selalu mendampingi.

7. Membiasakan anak untuk selalu bekerja keras adalah cara terbaik membimbing anak

Bekerja keras  jangan dianggap sebagai upaya untuk mengeksploitasi anak. Karena membiasakan diri anak untuk  bekerja keras adalah salah satu cara bagaimana kita membuat anak sadar bahwa semua ada prosesnya. Sehingga jika hal  itu bisa dijalankan dengan baik oleh anak, maka mereka akan  tahu cara terbaik mencapai prestasi.

8. Mencoba memberikan kebebasan anak untuk menentukan pilihan

Sedari dini cobalah kita mencoba memberikan kepada anak untuk menentukan apa  yang jadi pilihannya. Dengan cara seperti ini maka anak akan terbiasa untuk bertanggung jawab dengan pilihannya. Semakin dirinya berani menentukan pilihannya, maka dirinya akan semakin tahu dimana bakat dan minatnya. Tinggal kita sebagai orang tua mengarahkannya agar tidak salah.

9. Berusaha untuk selalu berkonsultasi dengan   guru sang anak.

Selain orang tua biasanya yang selalu berinteraksi dengan anak adalah guru. Sehingga bisa jadi sang gurulah yang juga tahu bagaimana bakat dan minat dari anak – anak kita. Oleh karena itu cobalah untuk selalu melakukan komunikasi positif dengan  para guru yang mengajar anak-anak kita.

10. Berusaha selalu mendukung dengan apa yang di pilih anak kita.

Inilah tugas kita terakhir yang perlu menjadi perhatian. Apapun yang di pilih oleh anak kita, mungkin itulah yang terbaik bagi dirinya. Jangan pernah menentang apa yang jadi pilihan anak-anak kalian. Tapi berusaha untuk membuka komunikasi, karena dengan cara seperti itulah anak anak akan terbiasa untuk selalu jujur dengan apa yang jadi pilihannya.

Dan diluar itu semua, jika pada akhirnya kalian para orang  tua masih bingung cobalah untuk mencari alternatif lain. Pilihan itu bisa didapat dari lembaga pendidikan seperti Homeschooling. Salah satu Homeschooling yang bisa anda pilih adalah: (website: https://laskarui.com/homeschooling.) Selain memiliki program yang selaras dan baik sesuai kurikulum yang diajarkan di sekolah formal.  Homeschooling ini sudah terlatih para guru-gurunya untuk bisa menjadi pendamping dan pemberi motivasi  terbaik untuk anak-anak kita.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?