| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7 Cara Memotivasi Semangat Belajar Pada Anak

7 Cara Memotivasi Semangat Belajar Pada Anak
December 22, 2020 laskarui
In News
7 Cara Memotivasi Semangat Belajar Pada Anak

Bagaimana kita sebagai orang tua akan bisa mendapatkan anak-anak kita nilai yang baik . Jika si anak pada saat belajar, dirinya kurang mendapatkan semangat atau motivasi yang baik. Istilah kata, ketika anak kita kurang mendapatkan motivasi, mustahil dirinya bisa mendapatkan nilai yang baik pada saat ujian.

Belajar pada usia anak-anak memang gampang-gampang susah. Karena sudah pasti mereka akan sulit untuk melakukan konsentrasi. Beda dengan kita yang usianya sudah dewasa, tetapi jika kita tidak melakukan satu tindakan positif maka sang anak akan selalu belajar sesuai dengan apa yang mereka pikirkan saja. Itulah satu hal yang mesti menjadi perhatian kita sebagai para orang tua agar tahu bagaimana cara membuat motivasi atau memberikan semangat belajar pada anak-anak kita.

Setidaknya  ada beberapa cara yang bisa kita jalankan sebagai orang  tua, khususnya dalam memberikan motivasi atau semangat belajar yang baik kepada anak-anak kita.  Jika kondisi ini telah kita jalankan sebagai orang tua, maka kita tinggal melihat seperti apa hasil akhir yang didapat oleh anak-anak kita. Berikut ini kami sampaikan beberapa cara atau strategi yang bisa kita jalankan sebagai orang tua agar anak-anak kita bisa belajar dengan baik.

7 CARA MEMOTIVASI SEMANGAT BELAJAR PADA ANAK-ANAK DI RUMAH

Ada minimal 7 cara atau strategi yang bisa kita jalankan sebagai orang tua untuk membuat motivasi belajar pada anak-anak kita dirumah.  Meskipun sebenarnya masih ada cara –cara lain yang bisa di jalankan. Tetapi setidaknya dengan kita memberikan 7 cara berikut semoga bisa di jalankan oleh kita sebagai  orang tua di rumah.  Dengan adanya 7 cara terbaik yang bisa di jalankan oleh kita sebagai orang tua dirumah,  Semoga anak-anak kita bisa lebih nyaman selama belajar di rumah.

  • Cobalah kita melakukan pemenuhan rumah kita dengan bahan bacaan yang  baik.

Dengan cara kita memberikan banyak buku-buku bacaan yang baik untuk anak kita di rumah, ini adalah sebuah  langkah terbaik untuk anak – anak kita. Karena dengan bacaan tersebut tidak harus buku pelajaran, tetapi bisa buku seperti komik, buku-buku cerita atau dongeng, atau buku mewarnai. Ini akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi anak-anak kita bahwa  belajar itu  tidak selalu harus membaca buku pelajaran dari sekolah.

  •  Cobalah untuk memberikan kesempatan anak agar berani mengeluarkan pendapat.

Ini yang kadang sulit dilakukan oleh anak-anak kita dalam belajar. Terlebih pada saat mereka  belajar di rumah. Kenapa, karena anak-anak ada rasa takut atau sungkan terhadap kita sebagai orang  tua. Tetapi itu harus terus dilatih, sehingga anak-anak  terbiasa untuk mengeluarkan  pendapatnya masing-masing. Sehingga anak akan terbiasa berbicara kepada siapapun termasuk orang tua mereka.

  •  Cobalah untuk selalu menunjukkan antusiasme  terhadap  minat yang diajukan oleh anak.

Minat dan bakat anak  itu pasti berbeda-beda. Dimana setiap anak akan menjadi dirinya sendiri dengan seiringnya waktu berjalan. Oleh  karena itulah, maka sejak anak-anak dalam masa belajar, kita sebagai orang tua mulai mencoba untuk memberikan kesempatan pada anak-anak kita menentukan antusiasme terhadap minat dan bakat yang mereka miliki sejak diri.

  •  Cobalah bantu anak untuk bertanya atau saling berkomunikasi soal pelajaran di sekolah

Anak adalah buah hati kita dari para orang tuanya, dimana keberhasilan anak adalah juga keberhasilan orang tua juga.  Sehingga cara terbaik bagi kita para orang tua adalah memberikan pendidikan yang  terbaik untuk anak-anak kita. Dengan cara seperti itulah, maka komunikasi yang berhubungan pelajaran menjadi penting bagi kita sebagai orang tua kepada anak-anak kita. Tujuannya satu agar anak termotivasi dalam belajar.

  •  Cobalah untuk membantu anak dalam membuat jadwal pelajaran di sekolah.

Bagi seorang anak, sekolah bisa menjadi menarik jika dirinya merasa nyaman. Apapun yang berhubungan dengan pelajaran jika dirinya merasa tertarik maka akan bisa menjadikan si anak suka dengan  pelajaran atau proses belajar. Itulah kenapa, pada saat membuat jadwal pelajaran pun sebaiknya kita sebagai orang tua mencoba mendampinginya sehingga mereka merasa turut didukung dari hal sekecil itu dalam proses belajarnya.

  •  Cobalah untuk mendukung anak untuk menentukan fokus dan kekuatannya masing-masing

Jangan salah, bahwa si anak itu berbeda tiap individunya. Sehingga jangan berusaha melakukan hal yang sama terhadap anak yang berbeda. Begitu pula dalam  proses belajar. Ikuti cara terbaik masing-masing anak dalam belajar. Karena dengan cara seperti itu artinya mereka bisa mengetahui seperti apa kekuatan atau kemampuan yang  dimiliki oleh dirinya. Sedang tugas orang  tua hanyalah mempermudah anak-anak untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan dirinya.

  •  Cobalah untuk bersama-sama merayakan sebuah pencapaian dari apa yang di dapat anak.

Cara –cara seperti ini bisa membuat anak-anak makin termotivasi. Karena hadiah sekecil apapun bagi anak itu berharga jika hal itu kita lakukan sebagai  orang sebagai sebuah hadiah. Ingat bahwa refresing atau liburan setelah anak menyelesaikan ujian, bukan dilihat dari jauhnya lokasi yang dituju tetapi lebih kepada kebersamaan orang tua dan anak yang  itu bisa jadi motivasi terbaik bagi anak. Sehingga anak akan tahu, bahwa habis bekerja keras pasti akan ada masanya kita bersantai sejenak..

Setelah kita mencoba menyampaikan  beberapa hal  untuk membuat motivasi belajar anak menjadi  lebih baik. Jika itu bisa kita lakukan sendiri  tanpa bantuan pihak lain maka itu bagus. Tetapi jika kuta sebagai orang tua merasa kurang mampu karena adanya satu dan lain hal, maka jangan ragu untuk meminta pendapat atau bantuan pihak lain untuk menjalankan apa yang telah kita tentukan diatas.

Salah satu pilihan yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah memberikan pendampingan si anak dalam belajar dengan model Homeschooling. Ini adalah sebuah proses yang bersifat kontinuitas atau berkesinambungan. Artinya tugas orang tua dan guru Homeschooling akan bekerja sama untuk  mewujudkan apa yang diharapkan dan diinginkan anak –anak mereka.

Ketika anda yakin ingin memilih model pendampingan Homeschooling, maka pilihlah Homeschooling yang memiliki keunggulan dibanding homeschooling di kelasnya. Kenapa, karena jika kita salah dalam menentukan mitra Homeschooling bukannya  kesuksesan yang akan didapat sang anak, tetapi  bisa jadi justru sang akan akan merasa terbebani.

Salah satu Homeschooling yang bisa anda pilih adalah: (website: https://laskarui.com/homeschooling.) Selain memiliki program yang selaras dan baik sesuai kurikulum yang diajarkan di sekolah formal.  Homeschooling ini sudah terlatih para guru-gurunya untuk bisa menjadi pendamping dan pemberi motivasi  terbaik untuk anak-anak kita.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?