| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

10 Tips Membuat Anak-anak Semangat Belajar

10 Tips Membuat Anak-anak Semangat Belajar
December 22, 2020 laskarui
In News
10 Tips Membuat Anak-anak Semangat Belajar

Belajar memang menjadi kewajiban  tiap anak. Karena dengan belajar, anak-anak akan menjadi banyak tahu tentang banyak hal. Terlebih dalam kaitannya dengan  belajar  pelajaran di sekolah. Namun  yang jadi masalah adalah, kadang anak-anak tidak tahu atau kurang memahami bagaimana cara belajar yang baik selama di rumah.

Menjadi orang tua memang  tidak  hanya sekedar merawat, memelihara, mencukupi kebutuhan buah hatinya. Tetapi hal lain yang mesti  kita lakukan sebagai orang tua adalah memastikan bahwa anak-anak kita bisa belajar dengan baik dan nyaman di rumah. Terlebih saat ini di saat anak-anak sedang melakukan proses belajar daring. Maka seringkali anak-anak kita jenuh atau kurang fokus dalam melakukan pelajaran yang biasa disebut dengan sistem sekolah daring.

Terlepas dari kondisi yang saat ini memang sedang Daring, ada baiknya memang kita para orang  tua tahu bagaimana cara terbaik untuk membuat anak-anak semangat dalam belajar. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai  orang tua untuk membuat anak-anak kita semangat dalam belajar di rumah. 

10 Tips  Membuat Anak-anak Semangat Belajar (khususnya  pada saat di rumah)

Sebelum kita membuat tips atau trik dalam mengarahkan anak agar bisa semangat dalam belajar. Mungkin satu hal yang mesti diperhatikan adalah  tentukan  terlebih dahulu apa tujuan atau motivasi dari anak untuk belajar. Kenapa, karena  setelah kita  tahu apa tujuan dari memotivasi anak untuk  belajar. Maka kita sebagai orang tua jadi  paham apa yang mesti dijalankan.

Belajar sejatinya adalah sebuah proses dalam memahami sebuah maksud atau  tujuan. Dimana hasil akhir dari belajar adalah kita jadi paham apa yang dimaksud dari materi yang kita pelajari tersebut. Nah setelah kita tahu apa makna dari proses belajar,  barulah kita mencoba menentukan  tips atau trik apa yang bisa  kita berikan kepada anak-anak kita.

  •  Cobalah kita sebagai orang tua selalu memberikan dukungan kepada anak dalam  belajar.

Cara terbaik  yang  bisa kita lakukan di rumah adalah, mencoba memberikan dukungan terbaik kepada anak pada saat mereka sedang belajar. Karena dengan adanya dukungan,pertama anak akan melihat hal itu sebagai bentuk apresiasi, kedua anak juga akan bersemangat karena  orang  tua juga mendukung aktivitas belajar dirinya.

  •  Cobalah kita sebagai orang tua selalu melakukan komunikasi secara intens dengan anak.

Perlunya komunikasi, memang menjadi salah satu cara membuat anak – anak kita semangat dalam belajar. Sekalipun kita tidak sepenuhnya bisa menemani mereka dalam belajar.  Dengan intensnya komunikasi  yang kita berikan maka anak akan merasa kita sebagai orang tua memperhatikan dirinya dalam belajar.

  •  Coba untuk selalu memberikan reward atau hadiah kepada anak dalam proses  belajar.

Reward atau hadiah sekalipun kecil, tetapi bagi  anak itu sebuah hal  yang  berharga. Karena sebuah hadiah diberikan dari orang  tua kepada anak, adalah bukti apresiasi atau wujud dukungan yang akan membuat anak – anak kita menjadi termotivasi dengan baik. Itulah yang pada akhirnya menjadi satu hal penting bagi orang  tau memberikan reward atau hadiah kepada anak ketika mereka sedang dalam proses belajar.

  • Cobalah untuk memberikan pengertian yang benar kepada anak soal pentingnya belajar.

Dengan kita sebagai orang tua memberikan pengertian yang benar soal manfaat belajar. Maka anak akan semakin paham, kenapa dirinya mesti belajar secara teratur. Sehingga ketika hal  itu telah dijalankan dengan baik, maka si anak akan semakin memahaminya.

  •  Cobalah untuk memberikan jadual atau menerapkan jam belajar yang benar pada anak.

Setidaknya dengan memberikan atau membuatkan jadual  belajar, si anak akan semakin memahami. Kapan waktu untuk bermain, kapan waktu  untuk belajar dan kapan waktu untuk beristirahat.  Membiasakan hidup secara teratur akan membuat anak semakin tahu dan semakin menghargai waktu.

  •  Cobalah untuk memberikan contoh terbaik  pada anak, pada saat belajar.

Memberikan contoh pada anak, itu akan bisa menjadi cara terbaik bagi anak untuk mengikutinya. Karena setiap hari kita sebagai orang tua bertemu, jika kita selalu memberikan contoh terbaik, misalnya terkait dengan proses belajar, maka anak akan terbiasa untuk menerima contoh terbaik dari orang tuanya.

  •  Cobalah untuk sesekali mengajak anak untuk berlibur sehabis anak selesai ujian.

Memberikan hadiah liburan atau kesempatan berlibur bersama. Ini bukan hanya sekadar refreshing bersama  keluarga semata. Tetapi ini bisa menjadi satu kondisi yang anak  akan tahu bahwa setelah dirinya menyelesaikan tugas ujian pasti orang tuanya akan mengajaknya untuk sedikit  refreshing sehingga anak akan selalu semangat dalam belajar.

  • Cobalah untuk mengamati dengan baik, bagaimana tipe dan model belajar  pada si anak.

Ketika orang tua mengetahui cara terbaik yang dilakukan anak untuk bisa belajar dengan baik. Maka ini akan menjadi sebuah pembelajaran yang baik juga bagi anak. Sehingga kedua belah pihak makin tahu, strategi atau cara seperti apa yang sebaiknya dilakukan untuk anak jadi nyaman pada saat belajar.

  • Cobalah untuk menentukan waktu istirahat di sesuaikan dengan kebutuhan si anak.

Memprogram atau melakukan penjadwalan dalam istirahat pada anak, itu hal yang mesti dilakukan. Ingat bahwa anak juga butuh istirahat, sehingga belajar yang  terlalu lama dan bisa mengganggu waktu tidur juga pada akhirnya tidak menjadi hal yang baik untuk perkembangan anak-anak kita kedepan.

  •  Cobalah untuk menciptakan cara dan suasana belajar yang nyaman untuk anak kita.

Yang terakhir adalah, coba kita sebagai orang tua sebisa mungkin menyiapkan kondisi atau ruangan.  Dengan kondisi ruangan yang nyaman untuk anak  belajar maka mereka akan fokus dengan  pelajaran yang sedang mereka  hadapi. Itu semua pada akhirnya akan berujung pada semangat dan motivasi lebih bagi si anak untuk  belajar dengan tekun. 

Jika semua hal telah anda sebagai orang tua siapkan dengan baik. Maka percayalah   bahwa semangat belajar  pada anak-anak kita akan semakin baik. Hasilnya sudah pasti anak-anak akan bisa memberikan hasil belajar yang lebih baik. Belajar  itu  bukan semata jadi pintar dan juara. Tetapi tekankan pada anak-anak bahwa  tujuan  belajar agar mereka bisa lebih paham dalam mempelajari sebuah materi  belajar.

Semua hal telah dilakukan, tetapi tetap si anak belum bisa maksimal, maka cara terbaik yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah memilihkan metode lain seperti misalnya metode Homeschooling.  Ini adalah model pendidikan dan pembelajaran yang umum dilakukan di dunia  barat. Dan saat ini sudah mulai berkembang di Indonesia. Namun jangan salah, ketika kita membelikan sebuah sistem Homeschooling, pilih yang benar-benar bagus secara kualitas modul dan kualitas pendidikannya.

Dan jika saat ini anda para orang tua yang ingin memberikan pendidikan model Homeschooling kepada anak-anak anda dengan kualitas yang terbaik. Maka Homeschooling Laskar UI bisa menjadi salah satu pilihan. Anda bisa masuk dan melihat Homeschooling Laskar UI mendidik dan mengarahkan anak-anak kita tidak saja pintar secara materi pelajaran. Tetapi juga paham dengan materi yang diajarkannya. ( website : https://laskarui.com/homeschooling.)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?