| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Mungkinkah “Kecanduan” Gadget Buat Anak Menjadi Pandai

Mungkinkah “Kecanduan” Gadget Buat Anak Menjadi Pandai
December 16, 2020 laskarui
In News
Mungkinkah “Kecanduan” Gadget Buat Anak Menjadi Pandai

Pada dasarnya semua hal yang ada di dunia ini diciptakan untuk menjadi baik. Sama halnya dengan gadget, pada saat awal dibuat adalah untuk memudahkan komunikasi antar manusia. Jika saat ini gadget bisa di gunakan untuk hal kurang baik, semua itu kembali kepada si penggunanya.  Bagaimana dengan penggunaan  gadget pada  putra putri anda. 

Kita sebagai orang tua tidak bisa menyalahkan kondisi anak saat ini yang begitu lekat dengan yang namanya gadget (HP).  Bukan karena HP lebih menarik dibanding komunikasi dengan sesama. Bukan juga HP menjadi  “teman setia” sang anak atau HP menjadi teman bermain paling asik bagi si anak. Tetapi pada intinya, HP bisa memahami apa yang diinginkan sang anak.

Perbedaan usia dan zaman memang pada akhirnya menjadi satu pemicu jika pada akhirnya seorang anak akan berselisih paham dengan orang tuanya. Terlebih  jika kondisinya itu berhubungan dengan yang namanya pendidikan.  Tetapi janganlah hal itu menjadi satu jurang pemisah bagi orang tua dan anak sehingga makin bertambah jauh. Cara terbaik yang secara bijak dijalankan oleh orang  tua adalah coba mencarikan pembimbing atau pendamping bagi sang anak agar kecanduan gadgetnya tidak menjadi negatif.

Nah, jika anda ingin mencarikan pembimbing atau pendamping anak dalam bermain atau menggunakan HP. Maka pilihan  model belajar Homeschooling adalah solusinya.  Jadikan  statemen bahwa kecanduan anak terhadap HP bisa menjadi sarana terbaik anak  untuk bisa lebih maju. Itulah mindset yang mesti ditanamkan bagi pengajar yang ingin mendampingi anak kita.  Karena jika kondisi seperti ini diterapkan di sekolah formal sulit untuk dijalankan.

 Tetapi ketika konsep itu dijalankan dalam program Homeschooling, maka jangan kaget jika pada akhirnya anak kita menjadi pandai.  Berbeda antara pandai dan pintar. Karena pandai itu tidak selalu yang berhubungan dengan nilai pelajaran formal. Tetapi pandai, biasanya itu identik dengan hal di luar pelajaran di sekolah.

 Dan bagi kita sebagai orang tua, tentu berharap jika orang  tua kita memiliki mindset yang benar seperti tadi. Sehingga dengan bimbingan Homeschooling yang digagas oleh Laskar UI  membuat buah hati kita menjadi pribadi yang pandai.  Cobalah buka website Homeschooling yang dibentuk oleh Laskar UI di media berikut :. https://laskarui.com/homeschooling.  Usahakan  cari tahu banyak hal tentang model pembelajaran yang akan dijalankan selama mendidik dan mengarahkan sang anak.

Sebenarnya bicara soal kecanduan gadget, ada persepsi yang salah dengan pandangan orang tua kita. Bahwa tidak selamanya  seorang anak yang selalu berhubungan atau menggunakan HP akan menjadi pribadi yang kurang baik atau bodoh. Karena dalam sistem pembelajaran yang dilakukan oleh Homeschooling versi Laskar UI, bisa saja karena dari awal sang pengajar sudah  tahu bahwa  si anak kecanduan HP. Maka dari situ sang pengajar akan berusaha mengarahkan kecanduan anak terhadap HP menjadi satu aktivitas  yang justru memberikan dampak positif termasuk untuk sang anak itu sendiri.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?