| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Saatnya Anak Berkebutuhan Khusus Layak Mendapatkan Perhatian

Saatnya Anak Berkebutuhan Khusus Layak Mendapatkan Perhatian
December 4, 2020 laskarui
In News
anak berkebutuhan khusus

Anak adalah anugerah dari  Sang Maha Pencipta.  Dia sengaja di titipkan kepada kita, karena kita yakin mampu menjaganya dengan baik. Lantas kenapa anak-anak berkebutuhan khusus tidak bisa mendapatkan perlakuan  yang wajar. Yakinlah, bahwa tiap anak membawa bakat dan kemampuannya masing-masing.

Bicara soal anak-anak berkebutuhan khusus, memang terkadang kita tanpa sadar kurang adil memperlakukan mereka dengan baik. Terlebih ketika kita bicara masalah pendidikan dan bagaimana mereka mendapatkan pendidikan dengan baik.

Padahal kita semua  tahu,  tidak sedikit anak-anak  dengan kondisi berkebutuhan khusus yang saat ini telah berhasil membuktikan pada kita semua bahwa  mereka mampu. Tidak jarang mereka mampu bersaing dengan anak-anak normal sekalipun. Bahkan tidak jarang kita bisa melihat anak-anak berkebutuhan khusus justru melakukan hal-hal yang mungkin dianggap sesuatu yang mustahil.

Ambil contoh, anak-anak  berkebutuhan khusus  ( tuna netra) yang mampu secara faseh melafalkan ayat ayat suci Alquran secara  benar. Anak-anak berkebutuhan khusus yang bisa menghafal Alquran tidak saja beberapa ayat tetapi justru 37 juz. Sebuah hal yang mungkin bagi anak-anak normal sekalipun sulit dilakukan.

Beruntung saat ini pemerintah telah mulai memberlakukan adanya model Sekolah Inklusi. Sekolah yang menggabungkan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak normal lainnya. Ini adalah salah satu bentuk  penyamarataan pendidikan bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus.  Sekalipun belum maksimal, tetapi setidaknya ini sudah bisa memberikan satu kondisi yang  fair bagi anak-anak berkebutuhan  khusus.

Sebenarnya selain pendidikan Inklusi  untuk anak-anak berkebutuhan khusus.  Ada  satu model pendidikan  yang bisa menjadikan anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak-anak normal. Adalah model pendidikan Homeschooling untuk anak berkebutuhan  khusus.

Kenapa ini bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka, jelas karena dengan model Homeschooling anak-anak berkebutuhan khusus tidak saja di berikan pendidikan sesuai kurikulum. Tetapi mereka juga akan mendapatkan pendidikan yang bisa membuat potensi diri mereka terbuka dan terekspose dengan cukup baik.

Ingat model Homeschooling itu bukan sekadar mengejar anak menjadi pintar. Tetapi sejatinya model pendidikan Homeschooling ini adalah sebuah metode pendidikan yang akan menjadikan anak itu sebagai mitra belajar bagi sang pengajarnya.  Sehingga keberadaan sang pengajar bukan mengejar target pemahaman materi belajar saja.  Namun lebih dari itu adalah, mereka mencoba menjadi sarana bagi anak didiknya agar mereka tahu dan memahami apa yang sebenarnya menjadi potensi dalam dirinya.

Nah jika model Homeschooling ini di terapkan kepada anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, atau anak-anak  berkebutuhan khusus yang saat ini bersekolah di sekolah inklusi. Maka jelas sistem ini akan  bisa memberikan satu dukungan dan supporting terbaik bagi mereka.  Tetapi perlu di ingat, dalam menentukan sekolah Homeschooling perhatikan dengan seksama beberapa hal berikut agar anda  yakin  bahwa sekolah itu tepat untuk putra putri anda yang berkebutuhan khusus.

Berikut beberapa dasar yang bisa anda perhatikan : (1) Cari tahu bahwa Homeschooling tersebut memang memiliki kualitas secara kualitas kurikulum dan tenaga pengajar yang baik. (2) Bahwa Homeschooling tersebut mampu menjadikan anak-anak anda yang  berkebutuhan khusus mendapatkan mitra  belajar yang benar (3) Bahwa Homeschooling tersebut mampu secara kualitas bisa mengeksplore kemampuan anak-anak anda yang berkebutuhan khusus. Karena model pendidikan yang diberikannya berbeda dengan homeschooling lainnya.

Dan jika saat ini anda memang mendambakan model Homeschooling seperti yang telah di jelaskan diatas.  Pastikan  bahwa anak-anak anda  yang saat ini memiliki kebutuhan khusus mendapatkan semua yang telah disebutkan diatas pada :  https://laskarui.com/homeschooling. Karena kesuksesan anda dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi  putra –putri anak bisa di mulai dari tepatnya menentukan sistem belajar dan model belajar bagi mereka.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?