| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Laskar UI, Lembaga Homeschooling Terbaik se-JABODETABEK

Laskar UI, Lembaga Homeschooling Terbaik se-JABODETABEK
November 20, 2020 laskarui
In News
lembaga homeschooling

Homeschooling atau juga disebut dengan sekolah mandiri merupakan metode pendidikan yang sering dijadikan sebagai alternatif bagi para orang tua untuk mengembangkan pendidikan anak. Laskar UI merupakan lembaga homeschooling terbaik se-Jabodetabek yang mampu menggali potensi anak dan mengembangnya demi masa depan yang cerah.

Melalui sistem belajar homeschooling ini para orang tua bisa menentukan sistem pengajaran sendiri sesuai dengan minat, kemampuan serta gaya belajar anak. Orang tua dapat mendatangkan tutor atau staf pengajar ke rumah dan mengajari anak layaknya sistem pendidikan di kurikulum formal. Hanya saja, metode yang digunakan dalam homeschooling dikemas dengan menggunakan gaya rumahan.

Mengenal Homeschooling di Indonesia

Homeschooling telah menjadi sistem pendidikan legal di Indonesia. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 129/ 2004. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa homeschooling atau sekolah rumah merupakan proses layanan pendidikan yang terencana dan secara sadar dilakukan oleh keluarga/ orang tua di rumah maupun tempat dengan suasana yang kondusif.

Orang tua yang berkeinginan untuk mendidik anaknya melalui sistem belajar homeschooling diwajibkan melapor pada dinas pendidikan yang ada di tingkat kabupaten/ kota. 

Sistem belajar ini menjadi banyak pilihan bagi orang tua karena berbagai alasan, misalnya kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan anak untuk mengikuti sekolah formal, keyakinan bahwa anak tidak dapat berkembang dalam sekolah umum dan alasan lainnya.

Keuntungan Sistem Homeschooling

Keuntungan paling utama yang didapatkan dari metode belajar yang diterapkan dengan sistem homeschooling adalah anak akan mendapatkan perhatian penuh dari pendidik atau staf pengajar karena anak tidak harus menunggu giliran saat mempelajari sesuatu. 

Saat anak dapat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh lembaga homeschooling terbaik, anak dapat belajar ke tahap selanjutnya dengan lancar. Namun jika anak mengalami hambatan maka dia harus meminta pendidik untuk mengajar ulang hingga apa yang diajarkan dapat dipahami.

Berbagai keuntungan lain dari lembaga homeschooling terbaik adalah :

1. Waktu belajar fleksibel

Keuntungan lain dari sistem homeschooling adalah fleksibilitas waktu untuk belajar. Anak, staf pengajar dan orang tua dapat berunding kapan waktu yang cocok untuk memulai kegiatan belajar mengajar dan menentukan durasi waktu belajar. Di samping itu, orang tua juga bisa memilih jadwal mapel yang akan dipelajari oleh anak dalam satu hari.

2. Anak mampu mengembangkan bakatnya

Anak dan orang tua bisa bersama-sama menentukan sendiri waktu, durasi, topik hingga cara belajar yang disesuaikan dengan kemampuan, minat dan gaya belajar anak. Faktanya, anak memang memiliki minat, bakat serta kemampuan dalam mengolah informasi yang tidak sama antara satu dengan yang lain. 

Dengan lembaga homeschooling terbaik, metode belajar akan menjadi lebih maksimal sehingga bakat anak dapat dikembangkan berdasarkan dengan kemampuan dan keinginan dari anak secara pribadi.

3. Anak dapat beristirahat dengan cukup

Rutinitas yang dilakukan di sekolah konvensional mengharuskan anak untuk datang pada jam yang cukup pagi dan terkadang pulang di waktu sore. Hal tersebut menjadikan waktu istirahat anak berkurang. Kurangnya waktu istirahat memungkinkan anak untuk lelah dan ketiduran di kelas saat pelajaran sedang berlangsung. 

Berbeda dengan anak yang memilih lembaga homeschooling terbaik, mereka akan mendapatkan jam istirahat cukup lama dan menjadikan mereka bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan fokus.

4. Orang tua bisa mengawasi pergaulan anak 

Keuntungan lain yang diberikan oleh lembaga homeschooling terbaik adalah orang tua bisa dengan mudah mengawasi proses pembelajaran anak bahkan pergaulan anak homeschooling. Hal ini tentunya dapat membuat anak menjadi lebih baik dan terhindar dari pergaulan bebas pada masa pertumbuhannya.

5. Memiliki kesempatan belajar di rumah maupun diluar ruangan

Berbeda dengan anak-anak yang menempuh pendidikan di sekolah formal, anak yang masuk lembaga homeschooling terbaik memiliki jadwal belajar yang fleksibel. Anak yang masuk dalam lembaga homeschooling terbaik dapat memperoleh ilmu pengetahuan di alam terbuka, perpustakaan, museum dan tempat lainnya. Dengan demikian anak dapat mempelajari sesuatu secara langsung.

Kerugian Homeschooling

Di samping keuntungan yang diberikan oleh sistem belajar homeschooling, sebaiknya anda juga mengetahui sejumlah kerugian yang mungkin terjadi dari penerapan homeschooling.

Efek utama dari penerapan homeschooling di kehidupan sosial yaitu terbatasnya ruang lingkup pertemanan dan pergaulan anak. Lembaga homeschooling dapat membuat kehidupan sosial anak menjadi terbatas antara anak dengan staff pengajar maupun orang tua. Anak-anak yang belajar di sekolah formal tentunya akan mendapatkan banyak teman sebaya maupun teman di lain jenjang.

Untuk mengatasi masalah sosial yang mungkin bisa terjadi pada anak yang menempuh pendidikan dengan homeschooling, orang tua sebaiknya membuat anak tetap memiliki hubungan baik dengan teman di lingkungan sebaya mereka ataupun dunia sekolah. Misalnya dengan membuat kelompok untuk anak-anak homeschooling agar bisa belajar bersama dalam suatu event, berkumpul dan berinteraksi bersama.

Kerugian homeschooling yang lain adalah tidak adanya fasilitas untuk mendukung proses belajar seperti fasilitas yang tersedia di sekolah konvensional. Misalnya laboratorium, studio seni, pusat olahraga atau perpustakaan.

Siapa yang Memerlukan Lembaga Homeschooling?

Orang tua banyak yang lebih memilih lembaga homeschooling terbaik untuk anaknya dikarenakan oleh beberapa faktor, misalnya karena anak menderita penyakit yang menjadikan aktivitasnya terbatas. Adapun beberapa kondisi khusus yang menjadikan orang tua perlu untuk memilih lembaga homeschooling terbaik :

1. Anak penderita ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan kondisi dimana penderita sulit untuk berkonsentrasi, serta sering muncul perilaku impulsif dan hiperaktif. Gejala ini muncul saat memasuki usia sekolah jadi mereka mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran yang diberikan.

2. Penderita OCD

Obsesif Compulsive Disorder merupakan kondisi yang mengakibatkan anak memiliki perasaan, pikiran dan ketakutan yang tidak diharapkan. Penderita OCD umumnya mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi pada tugas yang diberikan saat sekolah.

3. Disleksia

Disleksia adalah gangguan proses belajar yang menjadikan anak mengalami kesulitan dalam mengeja, membaca dan menulis. Penderita disleksia mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan harus dengan diubah menjadi kalimat. Namun umumnya, penderita penyakit ini tetap mempunyai tingkat kecerdasan normal.

Yang perlu diperhatikan bahwa homeschooling bukan menjadi jalan pintas bagi mereka yang mengalami kendala saat di sekolah, contohnya anak menjadi korban bullying atau masalah akademik. Sebelum memilih lembaga homeschooling, guru dan orang tua harus berdiskusi untuk mengetahui masalah apa yang dihadapi kemudian menentukan metode yang tepat untuk pendidikan anak.

Laskar UI: Lembaga Homeschooling Terbaik se-Jabodetabek

Laskar UI merupakan lembaga homeschooling terbaik se-Jabodetabek yang menyediakan pengajar khusus dan profesional untuk mengajar buah hati anda. Kurikulum dan juga materi yang diajarkan oleh lembaga Laskar UI sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolahan terkini. Lembaga homeschooling terbaik yang satu ini juga memberikan tryout sekaligus ujian berkala sehingga anak menjadi lebih mudah dalam beradaptasi. 

Tidak hanya itu saja, laskar UI juga menjamin kelulusan anak dalam UAN dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 9. Selain itu, lembaga homeschooling ini juga menyediakan ijazah dengan paket A, B dan juga C.

Homeschooling Komunitas Laskar UI

1. Program belajar klasikal, siswa bersosialisasi dan belajar dalam Platinum & Reguler Class
2. Jadwal belajar homeschooling komunitas ditentukan oleh lembaga Laskar UI
3. Gratis konsultasi bagi anak yang merasa belum menguasai materi yang diajarkan
4. Selain memberikan ilmu akademik, Laskar UI juga membekali anak dengan keterampilan seperti ruang kognitif (tempat mengasah potensi siswa homeschooling)

    • Buku pengetahuan
    • Novel fiksi dan buku
    • Spidol faber castel
    • Alat lukis dan alat menggambar
    • Buku Agama
    • Crayon Greebel
    • Buku gambar
    • UNO
    • Pensil warna
    • Ular tangga
    • Catur
    • games mengasah otak
    • Monopoli

Kelas Tahfidz

    • Belajar tajwid
    • Murojaah hafalan
    • Mengaji
    • Memperbaiki bacaan

Homeschooling Mandiri

Lembaga homeschooling terbaik Laskar UI juga menyediakan program belajar metode mandiri yang memberikan dukungan kepada siswa berupa bahan ajar dan kurikulum untuk menunjang proses belajar mengajar. Pendampingan belajar bisa dilakukan baik oleh orang tua/ tutor bimbel/ tutor visit yang disediakan oleh Laskar UI dengan waktu dan tempat yang fleksibel.

Laskar UI merupakan lembaga homeschooling terbaik se-Jabodetabek yang mampu memberikan pendidikan berkualitas bagi anak. Kami menyediakan guru/ tutor profesional untuk mengajari anak dengan nyaman, menyenangkan dan hasil memuaskan. 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?