| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7 Langkah Mempersiapkan Ujian Online si Anak

7 Langkah Mempersiapkan Ujian Online si Anak
October 23, 2020 laskarui
In Uncategorized
ujian online

Saat ini, adanya pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar anak didik terpaksa harus dilakukan di rumah masing-masing secara online. Tentu saja, hal ini akan mengakibatkan ujian harus dilakukan secara online juga. Sebagai orang tua, Anda perlu membimbing anak untuk mempersiapkan ujian online tersebut. Jika perlu, lakukan 7 langkah mempersiapkan ujian online si anak di bawah ini!

7 Langkah Mempersiapkan Ujian Online Si Anak yang Perlu Orang Tua Lakukan

Untuk menghadapi ujian online si anak, orang tua harus mengetahui beberapa hal untuk mempersiapkan ujian online itu sendiri. Pasalnya, ujian dengan sistem online mungkin merupakan ujian yang baru pertama kali dilakukan oleh sang anak. Maka sangat penting untuk mempersiapkannya jauh-jauh nantinya agar ujian yang dilakukan nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Anda sebagai orang tua kini tak perlu khawatir, karena 7 langkah mempersiapkan ujian online si anak berikut bisa Anda lakukan. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Pertama, pastikan pikiran anak selalu dalam keadaan tenang

Seorang anak mungkin saja akan panik jika mendengar adanya ujian, terlebih jika ujian tersebut dilakukan secara online. Untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu memastikan bahwa pikiran sang anak selalu dalam keadaan yang tenang. Jangan biarkan anak terlalu pusing memikirkan ujian. 

Jika perlu, yakinkan kepada si anak bahwa ujian bukan merupakan sesuatu yang menyeramkan. Saat pikiran anak sudah tenang, maka si anak pun tentu akan lebih mudah dalam memahami berbagai materi sebelum waktu ujian semakin dekat.

2. Atur pola tidur anak agar kesehatan tetap terjaga menjelang ujian

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh seorang anak apabila waktu ujian semakin dekat adalah belajar hingga larut malam. Sebagian dari mereka bahkan mungkin sering tidur jika waktu sudah memasuki tengah malam. Tentu saja, hal ini ada baiknya dihindari ya. Meski semangat belajar mendekati ujian semakin menggebu, namun bukan berarti pola tidur dilakukan dengan sembarangan.

Untuk itu, sebagai orang tua ada baiknya Anda sigap mengatur pola tidur anak agar nantinya tetap terjaga kesehatannya sampai hari ujian tiba. Jangan sampai, hanya karena pola tidur yang salah seorang anak menjadi jatuh sakit bahkan harus absen dari ujian online tersebut.

3. Atur waktu belajar dan aktivitas lainnya dengan efektif

Selain mengatur pola tidur sang anak, Anda sebagai orang tua juga perlu membimbing anak untuk mengatur waktu belajar serta aktivitas lainnya dalam sehari-hari secara efektif. Memang kerap kali orang memberikan aturan yang ketat saat anak mereka akan menghadapi ujian, salah satunya adalah dilarang bermain bersama teman-teman.

Untuk mempersiapkan ujian, bukan berarti seorang anak tidak boleh bermain dengan teman-temannya. Mereka tentu juga membutuhkan pikiran yang tenang ketimbang harus memikirkan datangnya ujian saja. 

Untuk itu, Anda bisa mengatur waktu belajar dan aktivitas anak lainnya dengan efektif. Mulai dari waktu bangun tidur beserta kegiatannya sampai malam dalam 24 jam. Dengan begitu, tidak ada lagi waktu yang terbuang dengan sia-sia.

4. Ajak anak untuk memperbanyak latihan soal

Selain beberapa langkah di atas, ada salah satu langkah lain dari 7 langkah mempersiapkan ujian online si anak yang bisa Anda lakukan. Langkah yang satu ini terbilang cukup efektif untuk mempersiapkan ujian online sang anak. Yakni dengan mengajak dan memotivasi anak untuk memperbanyak latihan soal.

Mengapa perlu memperbanyak latihan soal? Ujian online dapat dilaksanakan dengan baik apabila sang anak benar-benar menguasai materinya secara keseluruhan. Untuk itu, selain mengulang-ngulang materi yang ada sang anak juga perlu memperbanyak latihan soal. 

Latihan soal ini dilakukan demi meningkatkan kemampuan sang anak dalam menjawab berbagai jenis soal yang nantinya diujikan. Dengan begitu, sang anak jadi semakin terbiasa dalam menjawab soal-soal ujian nantinya.

5. Jangan ragu untuk mengikuti try out

Try out umumnya diselenggarakan bagi mereka yang memang akan melaksanakan ujian. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengajak anak mengikuti try out yang diselenggarakan. Dengan mengikuti try out tersebut Anda bisa mengukur sejauh manakah kemampuan anak dalam menjawab soal ujian.

Selain itu, anak juga akan lebih mudah dalam mengira-ngira jenis soal seperti apa yang mungkin saja keluar pada ujian online yang sesungguhnya nantinya. Karena memang pada dasarnya ujian try out tersebut sudah disesuaikan dengan kisi-kisi materi ujian yang sudah ditentukan.

6. Belajar secara berkelompok

Salah satu dari 7 langkah mempersiapkan ujian online si anak yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan belajar kelompok. Terlebih bagi anak-anak yang memang menyukai cara belajar bersama teman-temannya.  Tentu saja momen kebersamaan belajar bersama teman tersebut akan menambah semangat dalam belajar.

Selain itu, momen belajar bersama tersebut juga dapat dimanfaatkan anak untuk bertukar pikiran selama proses kerja kelompok nantinya. Dengan begitu, seorang anak akan terhindar dari yang namanya rasa bosan maupun rasa jenuh karena belajar sendirian di rumah.

7. Ikut bimbingan belajar privat

Terakhir, 7 langkah mempersiapkan ujian online si anak adalah dengan mengikutkan anak bimbingan belajar privat. Bimbingan belajar privat atau yang lebih sering disebut dengan bimbel tersebut dapat dilakukan sebagai langkah persiapan ujian online secara efektif.

Terlebih, jika saat belajar sendirian seorang anak mungkin akan mengalami kesulitan dalam memahami setiap materi yang ada. Dari situlah peran bimbingan belajar privat sangatlah penting untuk diikuti.

Nantinya, tenaga pengajar dari bimbel akan menjelaskan setiap materi yang belum dikuasai sang anak. Selain itu, si anak juga akan semakin fokus dengan materi yang ada. Dengan begitu, proses belajar dan persiapan menjelang ujian pun akan semakin efektif dilakukan.

Terlebih, pihak bimbel tentu memiliki cara belajar yang beda dari lainnya. Mereka tentu akan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik untuk disimak. Si anak pun akan lebih betah dan mudah memahami maupun menguasai setiap materi yang ada.

7 langkah mempersiapkan ujian online si anak di atas bisa jadi persiapan yang sangat tepat bagi anak-anak yang akan menghadapi ujian dengan sistem online. Yang paling penting adalah, Anda sebagai orang tua selalu mendukung apa saja pencapaian atau hasil belajar anak tersebut.

Pasalnya, seorang anak yang mendapat dukungan penuh dari orang tua tentu akan lebih bersemangat dalam mempersiapkan diri sebelum menghadapi ujian. Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai peralatan yang mendukung anak ujian secara online. Mulai dari internet yang memadai hingga alat elektronik yang berkualitas.

Selain itu, yang tidak boleh dilewatkan adalah berdoa. Ajaklah si anak untuk senantiasa berdoa agar proses ujian nantinya dapat dilakukan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Segala kesiapan di atas memang sangat penting untuk dipersiapkan. Untuk itu, pastikan Anda sebagai orang tua memperhatikan betul hal-hal yang harus disiapkan di atas dengan baik.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?