| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

8 Cara Agar Anak Lancar Berbahasa Inggris

8 Cara Agar Anak Lancar Berbahasa Inggris
October 10, 2020 laskarui
In Uncategorized
anak belajar bahasa inggris

Saat ini, banyak orang berlomba-lomba untuk menguasai bahasa Inggris. Entah itu muda maupun tua. Tidak ketinggalan pula, sebagian besar orang tua menginginkan anaknya pandai berbahasa Inggris. Selain untuk tuntutan pelajaran, juga sebagai bekal masa depan sang anak. Banyak cara yang dilakukan para orang tua agar anaknya pandai berbahasa Inggris. Kendati demikian, masih banyak juga para orang tua yang belum mengetahui cara agar anak lancar berbahasa Inggris yang tepat.

Kenapa anak harus lancar berbahasa Inggris?

Seperti yang sudah Kita ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling banyak digunakan saat ini. Terutama untuk komunikasi antar negara, kebanyakan menggunakan bahasa ini.

Selain itu teknologi-teknologi yang ada saat ini, juga kebanyakan di program dengan menggunakan bahasa inggris, seperti komputer, handphone, dan juga peralatan-peralatan elektronik lainnya.

Dalam dunia kerja, bahasa Inggris juga menjadi nilai tambah tersendiri. Bahkan ada beberapa perusahaan yang mewajibkan karyawannya bisa berbahasa Inggris. Jadi, tidak mengherankan jika para orang tua melakukan berbagai cara agar anak lancar berbahasa Inggris.

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris

Cara mengajari anak berbahasa inggris tentunya berbeda dengan cara mengajari orang dewasa. Oleh karena itu, para orang tua harus menemukan cara yang tepat dan efisien untuk sang anak. Berikut ini cara-cara agar anak lancar berbahasa Inggris:

1. Memulai dengan yang mudah

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris yang pertama adalah seperti saat mengajarkan pelajaran lainnya pada anak-anak, yaitu memulai dengan mengajari yang mudah-mudah dulu.

Terlebih dahulu ajarkan hal-hal yang dasar saja, misalnya kosakata yang sering dijumpai sang anak. Seperti kosa kata bahasa inggris mengenai nama hewan, nama buah, dan nama peralatan yang biasa ditemui sikecil.

2. Tidak terpaku dengan grammar

Kebanyakan orang beranggapan bahwa grammar merupakan hal yang sangat penting ketika belajar bahasa Inggris. Tetapi ketika mengajari anak-anak, Anda tidak perlu terlalu fokus dengan grammar. Cara ini dianggap kurang efisien.

Pada usia dini, grammar belum terlalu penting. Selain itu sang anak juga kemungkinan sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, fokus saja pada pemberian kosa kata, untuk tenses anak-anak bisa merujuk pada kebiasaan

3. Tidak memaksa anak terlalu keras untuk belajar

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris selanjutnya adalah mengajarkan bahasa Inggris kepada si kecil dengan sabar, tidak terlalu memaksakan kehendak orang tua. Karena tingkat pemahaman setiap anak berbeda-beda, jadi tidak bisa samakan atau dipaksakan.

Dan juga berikan jeda dalam mengajari anak. Waktu yang digunakan secukupnya saja. Tidak perlu berlebihan, sehingga membuat anak tertekan dan enggan untuk belajar bahasa Inggris. Yang terpenting adalah konsisten untuk mengajari anak berbahasa inggris.

4. Memberikan visualisasi dari apa yang diajarkan

Biasanya, anak akan lebih mudah memahami dan mengingat jika divisualisasikan atau diberi gambar nyata. Ketika sedang belajar, Anda bisa membawa anak keluar untuk memberitahu nama-nama benda dengan bahasa Inggris, atau mengajak anak ke kebun binatang atau kebun-kebun buah untuk memvisualisasikan kosa kata yang telah Anda ajarkan sebelumnya.

Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa menggantinya dengan gambar. Jika Anda menginginkan yang lebih praktis, belikanlah si kecil buku kosa kata bahasa Inggris yang bergambar. Sehingga si kecil tidak kesulitan untuk memvisualisasikan imajinasinya.

Menurut penelitian dari beberapa cara agar anak lancar berbahasa Inggris, cara ini lebih efektif daripada hanya mengajarkan anak melalui tulisan saja.

5. Fasih dalam melafalkan bahasa Inggris serta meminta anak untuk menirukan

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris adalah ketika Anda mengajari si kecil, usahakan untuk mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan benar dan fasih. Karena kebiasaan anak adalah meniru, jika Anda tidak fasih atau salah dalam pengucapan maka akan terbawa oleh sang anak sampai besar nanti.

Terutama bagi anak yang belum bisa membaca, Ia hanya mengandalkan dari pendengarannya saja. Selain itu, juga ajari anak untuk untuk menirukan atau mengikuti apa yang Anda ucapkan. Biasanya dengan metode seperti ini, anak lebih mudah untuk menghafal kosa kata yang Anda anjarkan

6. Mengajarkan percakapan sehari-hari

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mengajarkan anak percakapan sehari-hari. Selain mengajari kosakata yang ada di sekitar anak, penting sekali mengajarkan percakapan sehari-hari agar anak lancar berbahasa Inggris.

Bisa dibilang ini adalah kunci utama seorang anak lancar berbahasa Inggris. Jika hanya mengandalkan kosakata saja, kemungkinan anak-anak akan kesulitan untuk merangkainya menjadi sebuah kaliaman. Tetapi, dengan menguasai percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris, mudah saja bagi anak untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan lancar.

7. Bernyanyi dengan bahasa Inggris

Cara agar anak lancar berbahasa Inggris yang satu ini cenderung lebih disukai anak-anak. Pasalnya, masa anak-anak merupakan masa belajar sambil bermain. Anak-anak juga lebih mudah menghafal kosa kata bahasa Inggris dengan metode ini. Dikarenakan anak-anak lebih mudah menghafal nyanyian dari pada tulisan biasa. 

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku bagi anak-anak, pada orang dewasa pun akan lebih mudah menghafal lirik lagu daripada pelajaran yang sudah susah payah dihafalkan. Bahkan lirik lagu yang tidak dihafalkan saja bisa hafal dengan sendirinya.

Yang perlu digaris bawahi lagi, lagu yang diajarkan pada anak-anak sebaiknya lagu yang mudah-mudah saja. Seperti lagu twinkle-twinkle star.

8. Dengan Teknologi

Selain beberapa cara agar anak lancar berbahasa Inggris di atas, tidak ada salahnya para orang tua menggunakan teknologi untuk mengajarkan anak berbahasa Inggris. Terutama di era modern seperti ini, teknologi bisa dibilang kebutuhan dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya menggunakannya untuk belajar bahasa Inggris untuk si kecil.

Salah satu contoh aplikasi yang dapat digunakan adalah youtube for kids. Berbeda dengan youtube pada umumnya, aplikasi ini lebih terbatas dan lebih cenderung berisi konten-konten yang cocok untuk si kecil. Atau bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak, yang didesain menarik dan berwarna, sehingga anak-anak lebih antusias untuk belajar bahasa Inggris.

Dengan menggunakan teknologi, para orang orang tua harus pandai-pandai memilah aplikasi yang cocok digunakan si kecil serta harus diawasi. Selain itu, juga perhatikan durasi anak menggunakan gadget, sebisa mungkin batasi penggunaan gadget pada anak-anak

8 cara agar anak lancar berbahasa Inggris di atas bisa dicoba bagi orang tua yang menginginkan anaknya pandai dan lancar berbahasa Inggris sejak dini. Selain ilmu bahasa Inggris, orang tua juga harus memiliki kesabaran untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak-anak. Atau Anda bisa bisa mempercayakan anak Anda pada tempat les privat. Laskar UI bisa menjadi salah satu solusi ketika Anda mengalami kesulitan dalam mengajar anak.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?