| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

7 Langkah Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

7 Langkah Meningkatkan Prestasi Belajar Anak
September 25, 2020 laskarui
In Uncategorized

Sebagai orang tua, siapa yang tidak menginginkan anak-anaknya memiliki prestasi belajar yang membanggakan di sekolah? Tentu setiap orang tua menginginkan hal tersebut. Akan tetapi, kebanyakan orang tua di zaman sekarang masih kebingungan bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar anak. Namun jangan khawatir, karena 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak bisa jadi solusi yang paling ampuh.

Dengan 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak, maka Anda sebagai orang tua akan lebih terbantu bagaimana cara meningkatkan prestasi seorang anak yang selama ini terlihat kurang memuaskan. Belum lagi dengan adanya banyak faktor luar yang dapat menjadi penghambat si kecil meningkatkan prestasi mereka.  Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan prestasi belajar anak tersebut.

Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, ada baiknya Anda juga menyimak pentingnya meningkatkan prestasi belajar anak di bawah ini!

Pentingnya Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

Kebanyakan orang tua zaman sekarang tidak mau repot soal belajar anak-anaknya. Mereka lebih memilih jalan praktis agar sang anak dapat belajar tanpa pernah mau mengerti dan memahami apakah pembelajaran yang dilakukan tersebut sudah benar dipahami dan diserap anak dengan baik.

Padahal, meningkatkan prestasi belajar anak sangat diperlukan. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menambah kesadaran dari orang tua terlebih dahulu akan pentingnya meningkatkan prestasi belajar anak. Dari situlah nantinya, seorang anak akan lebih mudah meningkatkan prestasi belajarnya secara maksimal dengan bantuan orang tua. 

Jangan sampai sebagai orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga lupa bagaimana prestasi anaknya selama ini. Pasalnya, tidak adanya perhatian orang tua akan prestasi seorang anak akan mempengaruhi prestasi belajar mereka semasa di sekolah. 

Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab tersendiri sebagai orang tua untuk mendukung anak menjadi pribadi dengan prestasi yang terus meningkat setiap harinya. Dengan begitu, orang tua juga akan lebih merasa puas dan bangga atas anak-anaknya yang sudah berhasil mendapatkan prestasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Lantas bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar anak tersebut? Anda sebagai orang tua bisa meningkatkan prestasi belajar anak dengan beberapa langkah di bawah ini!

7 Langkah Meningkatkan Prestasi Belajar Anak

Perlu orang tua ketahui bahwa prestasi gemilang tidak bisa didapatkan secara instan. Akan tetapi, prestasi tersebut dibutuhkan dengan berbagai usaha si anak dalam waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, peran orang tua sangatlah penting dalam mendukung prestasi belajar anak agar tetap gemilang meski dalam waktu yang tidak sebentar.

Selain itu, agar usaha berbuah hasil dengan cepat dan tepat maka Anda sebagai orang tua yang baik jangan sampai melewatkan juga 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak di bawah ini!

1. Buat anak Anda menjadi lebih aktif

Umumnya, keaktifan seorang anak tidak hanya dapat memudahkan anak dalam mengolah informasi yang diperoleh. Akan tetapi, anak yang aktif juga dapat menjadi pribadi yang lebih kritis. Baik dalam hal memberikan pertanyaan atau mengembangkan informasi yang sudah ia ketahui. Untuk itu, cara ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu langkah dari 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak.

2. Gunakan berbagai metode belajar

Meningkatkan prestasi belajar anak bisa juga Anda lakukan dengan menggunakan metode belajar yang beragam. Dengan adanya metode belajar yang beragam tersebut, maka seorang anak tidak akan mudah merasa bosan dan malas meski harus belajar terus-menerus. Selain itu, seorang anak juga akan bisa belajar dalam keadaan yang lebih menyenangkan.

Yang terpenting, menggunakan metode belajar yang beragam juga akan menghindarkan sang anak dari perasaan tertekan, stress ataupun hal lain yang hanya akan menjadi penghambat saat proses belajar berlangsung.

3. Berikan apresiasi pada anak

Seorang anak yang mendapatkan apresiasi tentu akan merasa senang. Terlebih jika apresiasi tersebut dilakukan dengan memberikan barang kesukaan si anak tersebut. Untuk itu, sebagai orang tua salah satu langkah dari 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan kejutan-kejutan kecil.

Seperti hadiah yang paling disukai sebagai penyemangat anak dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Anda juga bisa memberikan apresiasi berupa ucapan selamat dan ucapan bahagia lainnya yang dapat memberikan motivasi kepada sang anak.

4. Berikan dukungan dan semangat pada anak

7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak tak hanya sampai disitu saja. Langkah sepele yang satu ini mungkin sangat diremehkan oleh setiap orang tua. Padahal, dukungan dan semangat tersebut dapat menjadi motivasi si kecil dalam membantu meningkatkan prestasi belajar mereka. Dengan memberikan dukungan, maka si anak akan merasa diperhatikan yang otomatis menjadikan anak tersebut semakin giat dalam belajarnya.

5. Jangan lupa selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Hal lain yang sering diremehkan oleh kebanyakan orang tua adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Mengapa salah satu dari 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak ini perlu diperhatikan? Pasalnya, suasana belajar dapat mempengaruhi anak dalam menerima berbagai informasi yang sudah disampaikan oleh pengajar. 

Apabila suasana belajar dapat diciptakan dengan lebih menyenangkan maka tentu saja seorang anak akan lebih mudah dalam menerima segala informasi yang disampaikan. Dengan begitu, dapat dengan mudah pula seorang anak untuk meningkatkan prestasi mereka.

6. Kembangkan bakat yang dimiliki anak

Perlu orang tua ketahui juga bahwa setiap anak terlahir dengan bakat yang berbeda-beda. Adanya bakat tersebut perlu dimanfaatkan oleh orang tua dengan cara membantu mengembangkan bakat yang dimiliki oleh setiap anak itu sendiri. Ada anak yang memiliki bakat dalam hal menghitung, berolahraga, menulis, menggambar, dan masih banyak lagi.

Dari beragam bakat tersebut bantulah anak untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Dengan begitu, prestasi belajar yang ada pun dapat ikut serta meningkat dengan baik.

7. Jangan lupakan untuk memberikan nasehat

Terakhir, 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan beberapa nasehat kepada anak. Setiap anak yang tumbuh dan berkembang apalagi dalam hal belajar sangat disarankan untuk diiringi dengan nasehat orang tua. Dengan begitu, sang anak akan lebih tahu bagaimana cara memilih hal yang baik untuk dilakukan dan yang tidak baik untuk dilakukan.

Jadi bagaimana, sebagai orang tua yang baik apakah Anda sudah menerapkan beberapa langkah dari 7 langkah meningkatkan prestasi belajar anak di atas? Jika belum, maka Anda wajib menerapkannya agar prestasi belajar si kecil kian meningkat dengan baik sesuai dengan keinginan.

Yang tak kalah penting adalah adanya hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua dan anak itu sendiri. Dengan adanya percakapan baik tersebut maka seorang anak akan lebih mudah dalam mengemukakan pendapat. Dari situ, Anda bisa mendiskusikan prestasi-prestasi apa saja yang menurun untuk kemudian ditingkatkan kedepannya.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?