| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

Pentingnya Bimbingan Belajar di Masa Pandemi

Pentingnya Bimbingan Belajar di Masa Pandemi
September 18, 2020 laskarui
In Uncategorized

Di masa New Normal seperti saat ini, kegiatan belajar sudah disesuaikan dengan zona atau wilayah masing-masing. Kebanyakan wilayah tersebut mengharuskan proses belajar dilakukan secara online. Tentu saja dalam hal ini Anda perlu mengetahui pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi.

Memang seperti apa pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi? Bimbingan belajar atau yang sering disebut bimbel disini merupakan kegiatan belajar tambahan yang diberikan agar seorang anak bisa mendapatkan prestasi belajar yang lebih optimal. Terlebih, saat seorang anak tersebut harus melaksanakan kegiatan belajar hanya di rumah. Tentu adanya bimbel ini sangatlah penting untuk digunakan.

Saat ini sendiri ada banyak bimbel yang dapat Anda pilih. Mulai dari bimbel online dari jenjang SMA, SMK, SMP, hingga SD. Lantas, seperti apa pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Ketahui Pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi

Seperti yang Kita ketahui, di tahun 2020 ini dunia digemparkan dengan sebuah pandemi global yang turut mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakatnya termasuk di Indonesia. Mulai dari sektor perdagangan, pekerjaan, hingga pendidikan. Dalam sektor pendidikan sendiri membuat pemerintah memberikan kebijakan pembelajaran yang dilakukan secara online dari rumah.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tentu ada banyak orang tua yang masih merasa kewalahan dalam mendampingi anak-anak mereka untuk belajar terlebih jika harus dilakukan secara online. Sebagai orang tua yang tanggap, Anda perlu memperhatikan kebutuhan anak agar kegiatan belajar tetap dapat dilakukan dengan maksimal. Seperti itulah pentingnya bimbingan belajar di masa pandemic.

Saat ini sendiri bimbingan belajar sudah banyak yang menerapkan pembelajaran dengan sistem online. Tentu bukan hal yang sulit lagi bagi anak untuk belajar lebih giat meski pembelajarannya dilakukan hanya dari rumah. Anda bisa memanfaatkan pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi tersebut untuk membantu orang tua dan guru dalam memaksimalkan proses belajar yang dilakukan.

Lantas, apa saja keuntungan jika seorang anak mengikuti bimbingan belajar di masa pandemi secara online? Simak berbagai keuntungannya pada penjelasan di bawah ini!

Keuntungan mengikuti bimbingan belajar di masa pandemi secara online

Ada beberapa hal yang menjadikan pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi secara online memiliki banyak keuntungan jika dilakukan. Sitem pembelajaran secara online ini sendiri merupakan proses pembelajaran yang disampaikan oleh tenaga pengajar via elektronik. Yakni dengan menggunakan media berbasis komputer.

Lantas, apa saja keuntungan yang diperoleh dari pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi secara online tersebut? Beberapa keuntungannya antara lain:

1. Dapat dilakukan pada waktu dan tempat yang sangat fleksibel

Berbeda dengan pembelajaran yang dilakukan di sekolah, bimbingan belajar yang dilakukan secara online tentu akan lebih fleksibel. Anda bisa menyesuaikan waktu dan tempat sesuai dengan keinginan. Tentu saja, dalam hal ini Anda bebas mengatur jam dan pergi ke tempat tertentu untuk belajar. Anda hanya perlu memanfaankan gadget dan juga internet yang memadai.

2. Pembelajaran secara online dapat menjangkau seluruh daerah

Internet saat ini sangat memudahkan siapa saja untuk belajar secara online meski berada di berbeda daerah sekalipun. Dengan adanya internet tersebut, seseorang dapat mengakses lalu melakukan pembelajaran online dari berbagai lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Dengan begitu, anak Anda tidak perlu susah payah untuk datang ke lokasi bimbingan belajar. Cukup menyiapkan internet dan perangkat elektronik yang dapat digunakan, Anda sudah bisa mengikuti pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi secara online dimana pun berada.

3. Terdapat berbagai jenis pembelajaran yang bisa dipilih

Terlebih, bimbingan belajar tentu menyediakan berbagai jenis pelajaran yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Anda bisa memilih materi apa saja yang diinginkan untuk dipelajari sesuai kemauan. Tentu saja hal ini akan menambah tingkat fokus belajar dari setiap materi yang dipilih.

4. Update informasi belajar yang cepat

Tak hanya itu, pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi yang dilakukan secara online juga sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan update informasi. Misalnya saja saat ingin mendapatkan materi baru, tentu Anda bisa mendapatkan informasinya dengan lebih cepat dan juga up to date.

5. Bimbingan belajar dapat meningkatkan kemampuan akademik anak

Seorang anak yang mengikuti bimbingan belajar tentu dapat lebih meningkatkan kemampuan akademiknya. Mengapa? Pasalnya, bimbingan belajar atau bimbel ini seperti privat yang dilakukan dengan cara menyediakan waktu belajar tambahan bagi anak diluar jam sekolah mereka.

6. Seorang anak akan mendapatkan pendekatan personal yang baik

Seorang guru bimbingan belajar tentu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap siswa yang dibimbingnya. Hal ini berarti seorang guru tersebut bisa mencari berbagai metode terbaik dalam menyampaikan setiap materi pelajaran sesuai dengan kemampuan anak dalam menyerap materi. Dengan begitu, seorang anak dapat meningkat pemahaman serta kemampuan akan materi yang diberikan.

7. Bimbingan belajar solusi orang tua yang sibuk

Sebagai seorang orang tua, terkadang kesibukan pekerjaan atau aktivitas padat lainnya membuat anak tidak dapat ditemani waktu belajarnya. Nah, sebagai solusinya pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi hadir untuk menemani serta memberikan pembelajaran yang lebih baik pada anak.

8. Anak akan lebih fokus dalam belajar

Tak hanya itu, keuntungan menggunakan bimbingan belajar lainnya adalah anak akan lebih fokus dalam belajarnya. Bimbingan belajar nantinya dapat dimanfaatkan anak sebagai fasilitas belajar dengan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Mengapa bimbel ini dapat menjadikan anak lebih fokus dalam belajar? Pasalnya, pihak bimbel tentu selalu mennggunakan guru atau tenaga pengajar yang benar-benar terpilih dan unggul. Dengan adanya guru tersebut maka anak-anak akan dapat lebih fokus dalam memahami pelajaran mereka.

9. Anak akan lebih mudah dalam menuntaskan tugas dari sekolah

Pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi juga dapat memfokuskan anak pada satu topik yang kurang mereka kuasai. Dengan begitu, setiap tugas yang ada membuat anak menjadi lebih paham saat mengerjakannya. Tugas-tugas sekolah maupun tugas lainnya pun dapat diselesaikan dengan tuntas dan cepat.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat seorang anak apabila mengikuti bimbingan belajar. Selain beberapa manfaat di atas, mengikuti bimbel di masa pandemi juga sangat dianjurkan. Pasalnya, dengan pembelajaran secara online tentu tidak semua anak dapat memahami setiap materi yang disampaikan dengan baik.

Dari situlah peran pentingnya bimbingan belajar di masa pandemi. Seorang anak dapat memahami materi dengan lebih dalam sehingga saat mengerjakan tugas pun tidak akan kesulitan lagi. Terlebih, dengan mengikuti bimbel seorang anak juga akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang-orang baru. 

Seorang anak yang terbiasa dengan interaksi, tentu kedepannya dapat dengan mudah pula untuk berinteraksi dengan orang lain. Tentu saja siswa tersebut tidak hanya mendapatkan ilmu pelajaran dengan lebih baik namun juga dapat meningkatkan kemampuan interaksi mereka. Jadi, sudahkah anak Anda mengikuti bimbingan belajar saat ini?

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?