| Pendaftaran Siswa
08222 333 1144 I 0812 1233 2163
Selamat Datang di Laskar UI!

5 Tips Dalam Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat 

5 Tips Dalam Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat 
November 14, 2019 laskarui
In Uncategorized

Kuliah merupakan suatu kebangggan setiap siswa tentunya setiap orang ingin sukses terhadap jurusanya yang akan diambilnya tersebut, banyak perkuliahan dan beragam jurusan yang di tawarkan, bagaimana sih kiat dalam memilih jurusan kuliah yang tepat bagi kamu

1. Jangan Mengikuti Orang lain

Apabila kamusangat bingung untuk memilih jurusan mana yang akan kamu pilih dan kmau ambil setelah kamu lulus dari SMA, ada baiknya kamu saling tukar pikiran dengan orang-orang yang telah memiliki pengalaman dan yang telah melalui proses tersebut. Seperti contohnya orang tua kamu, kaka kamu, ataupun senior maupun guru kamu. Jika kamu bingung dan tidak bertanya maupun sharing pikiran kamu ke orang-orang yang lebih memiliki pengalaman, nantinya kamu bisa tersesat dalam menentukan untuk memilih jurusan di sebuah Universitas. Kamu juga nantinya akan jadi ikut-ikutan pilihan teman-teman dekat kamu karena bingung dan ragu dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

2. Sesuaikan dengan Minat & Keinginan

Setiap orang pastinya memiliki minat dan bakatnya masing-masing dalam dirinya. Kamu tidak bisa menyama ratakan minat dan bakat yang kamu miliki dengan teman-teman dekatmu atau orang-orang dekat disekitarmu. Jadi sebelum memutuskan untuk memilih jurusan perkuliahan untukmu kelak, pahami dulu kamu minat dan jurusan seperti apa yang kamu inginkan selama ini. Jika kamu tidak memiliki sebuah minat dalam jurusan perkuliahan nanti pastinya nantinya tidak akan bertahan baik dan lama. Hasil yang diperoleh pun dalam nilai akhir saat kamu lulus pun tidak akan baik, begitupun untuk masa depanmu.

3. Melihat Potensi Diri

Setelah mengetahui minat dan keinginan dalam bidang apa dan jurusan seperti apa yang kamu pilih untuk tingkat perkuliahan kamu, kamu juga harus tahu apakah diri kamu memiliki potensi dan bakat di bidang dan jurusan tersebut? Karena apabila kamu menyukai bidang dan jurusan tersebut saja tapi tidak memiliki bakat dan potensi diri, sama saja dengan memaksakan kehendak diri kalian sendiri. Nantinya saat kamu sudah terjun di dalan jurusan tersebut, nantinya kalian tidak memilikki potensi sama sekali dalam bidang tersebut dan tidak mampu untuk menjalaninya. Hal tersebut sangat disayangkan, karena sebelum memilih jurusan tersebut kalian tidak melihat kemampuan dan potensi diri yang kalian miliki. Jadi, usahakan dan sebaiknya untuk benar-benar memahani potensi dan kemampuan yang kalian miliki sebelum memilih keputusan akhir dalam memilih jurusan di Universitas yang kalian tuju.

4. Ketahui Akreditasi Jurusan di Kampus Tersebut

Saat kamu sudah yakin dengan kemampuan dan minat yang telah kamu miliki untuk jurusan di sebuah kmapus yang kamu tuju, kamu harus mencari tahu akreditas apa yang dimiliki fakultas dan jurusan tersebut. Pilihlah jurusan di sebuah kampus yang memiliki akreditasi yang baik, karena biasanya saat kamu lulus nanti didunia pekerjaan yang kamu akan hadapi pastinya akan melihat calon pekerjanya berasal dari alumni jurusan di kampus yang seperti apa. Walaupun pastinya akan melibat bakat dan kemampuan yang kamu miliki, tetap saja apabila perkantoran yang sudah cukup besar akan melihat kamu berasal dari lulusan jurusan dan kampus seperti apa. Jadi, usahakan pilihlah jurusan di Universitas yang memiliki akreditasi yang baik. 

5. Perhatikan Untuk Peluang Karir Kamu

Ketika kamu memilih bidang apa yang akan kamu dalami di jenjang perkuliahan pastikan untuk ilmu yang kamu serap dan ambil saat masa kuliah, itu menjadi bekal kamu saat kamu berada di pekerjaan dan karir kamu setalah kamu lulus dari perkuliahan tersebut. Oleh karena itu kamu dihimbaukan untuk tidak salah dalam memilih jurusan saat kamu berada di jenjang perkuliahan, karena sangat disayangkan ketika kamu kelak akan menempuh jenjang karir ilmu yang kamu dapat ketika belajar itu tidak terpakai di karir yang cemerlang dan cerah untuk masa depan terbaik yang kamu idamkan.

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Balas Chat
1
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Hi, Laskar UI di sini. Bisa dibantu?
Powered by