Artikel

Pendidikan Dan Karakter Siswa Di Era Globalisasi
October 15th, 2016

Perkembangan teknologi di era globalisasi ini tidak dapat dipungkiri. Era ini menuntut manusia untuk melek teknologi karena tuntutan zaman. Begitupula para remaja zaman sekarang yang notabene adalah pelajar. Rasanya mustahil, jika zaman sekarang mereka tidak memiliki gadget. Minimal, mereka memiliki alat komunikasi berupa smartphone. Sayangnya, perkembangan teknologi pada zaman sekarang tidak didukung oleh norma atau adab siswa yang juga berkembang. Ironisnya, zaman makin berkembang tetapi norma semakin menurun. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat berperan penting untuk mengarahkan siswa yang mayoritas menginjak usia remaja dan pubertas agar lebih bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Apasih Pendidikan Karakter?
Pendidikan karakter adalah cara dan usaha untuk memperbaiki moral ke arah yang lebih positif. Perkembangan teknologi yang semakin mengedepankan sisi negatif dan menggeser moral remaja ke arah yang lebih buruk perlu ditindaklanjuti. Meskipun masih ada hal-hal positif yang dihasilkan dari perkembangan teknologi. Namun, tidak dapat dipungkiri jika pengaruh media dan gadget sangat membawa dampak besar bagi karakter siswa.
Contohnya saja Sinetron Indonesia yang semakin memperlihatkan contoh yang kurang baik terhadap karakter siswa. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus dilakukan untuk mengarahkan siswa ke arah yang lebih positif.

Bagaimana Caranya?
Nah, Laskar UI punya beberapa tips nih agar moral siswa mampu berkembang ke arah yang lebih postif lagi.
 Peran Sekolah
Sekolah adalah pusat siswa beraktivitas sehari-hari. Bahkan, waktu siswa berada di sekolah lebih lama daripada di rumah. Oleh karena itu, sekolah adalah wadah yang sangat tepat untuk membantu perkembangan karakter siswa. Sekolah bisa memberikan kegiatan agar siswa mampu menyalurkan aspirasi sesuai dengan hobi mereka.
• Ekstrakulikuler
Kegiatan ekskul pasti menjadi agenda wajib setiap sekolah. Namun, sekolah bisa menambahkan ekskul-ekskul yang belum pernah ada sebelumnya di sekolah. Misalnya ekskul teater, gravity (seni tulis), bahasa asing selain bahasa Inggris dan ekskul kreatif lain yang menarik minat siswa untuk bergabung.
• KBM yang Komunikatif
Kurikulum sekarang menuntut siswa agar aktif di dalam kelas ketika proses KBM berlangsung. Namun, jika tidak terjadi komunikasi dua arah antara guru dan siswa, tujuan KBM tidak akan terjadi dengan baik.
Minimal, guru memfasilitasi media pembelajaran dengan lebih variatif. Bisa menggunakan presentasi Power Point yang menarik (penuh warna, gambar, video) atau bisa mengubah posisi meja belajar siswa menjadi lingkaran sehingga siswa lebih berani untuk berinteraksi satu sama lain.
• Reward bagi Siswa yang Memberi Dampak Positif
Hadih bagi siswa berprestasi itu sudah sangat banyak terjadi. Namun, bagi siswa yang kreatif atau membawa pengubahan dampak positif kepada siswa lain kurang mendapat penghargaan. Contohnya:

*Siswa yang selalu datang pertama di kelas
Hal ini akan memicu siswa lain agar bersikap rajin dan setidaknya tergerak untuk berada di kelas lebih awal.
*Siswa yang aktif dalam kegiatan sekolah
Siswa yang aktif organisasi rasanya perlu diberikan reward agar lebih semangat lagi dan siapa tahu bisa mengajak teman sekolahnya untuk ikut aktif berorganisasi.

 Peran Orangtua
Orangtua sangat berperan penting bagi perkembangan karakter siswa. Jadilah orangtua yang mampu berperan aktif dan lebih bersahabat. Jika memang kurang mampu memenuhi dalam pertemuan tatap muka, orangtua mampu berkomunikasi via media yang semakin berkembang. Karena, komunikasi yang baik akan membuat siswa menjadi nyaman untuk mencurahkan segala pikiran dan isinya.

 Peran Komunitas atau Organisasi Sosial
Komunitas dan organisasi akhir-akhir ini banyak menyediakan hal yang positif dalam visi misinya. Oleh karena itu, komunitas atau organisasi sosial harus lebih aktif dan mensosialisasikan ke lembaga-lembaga formal seperti sekolah. Agar siswa dapat mengetahui wadah yang tepat dalam menyalurkan aspirasi mereka

Bagaimana adik-adik Laskar UI? Sudah jelaskan pentingnya pendidikan karakter di era globalisasi ini? Semoga adik-adik selalu positif dalam bertindak dan mampu memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar 

Bagikan  

Ikuti Kami Di