Artikel

Jalur Rahasia Masuk UI
September 24th, 2015

Beberapa jalur masuk menjadi Mahasiswa UNIVERSITAS INDONESIA :
1.    Jalur Undangan (SNMPTN); jalur ini menggunakan raport dalam seleksinya. Jadi raport kamu selama semester 1 sampai semester 5 SMA akan dikumpulkan dan diseleksi bersama ratusan ribu raport lainnya untuk dicari yang terbaik. Untuk itu pastikan nilai kamu istimewa dari kelas X untuk bersaing di SNMPTN.
2.    Jalur PPKB ; selain dengan seleksi raport pada jalur ini kamu harus menyertaka sertifikat prestasi di luar sekolah, semakin tinggi prestasi kamu maka semakin besar peluang kamu diterima. Sayangnya tidak semua sekolah bisa mengikutinya, karena hanya sekolah yang diundang langsung oleh UNIVERSITAS INDONESIA yang berhak mengirimkan siswanya. Jadi, pastikan sekolah kamu diundang oleh UI untuk mengikuti jalur masuk ini.
3.    Jalur SBMPTN (tes tertulis); diikuti seluruh lulusan SMA/MA/SMK se-Indonesia baik lulusan tahun ini atau tahun sebelumnya, artinya saingan di jalur ini sangat banyak karena bukan hanya angkatan kamu yang mengikuti. Tes tertulis ini terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik), TKD (Tes Kemampuan Dasar) yang terdiri dari Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tes Bidang Studi sesuai rumpun yang dipilih : IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi), IPS (Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah).
4.    Jalur mandiri (SIMAK UI); nah untuk jalur ini tidak jauh berbeda dengan tes terlulis SBMPTN, yang menjadi perbedaan adalah dalam ujian masuk SIMAK UI tidak ada TPA, jadi hanya ada TKD (Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan Tes bidang studi: IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, IPA Terpadu), IPS (Ekonomi, Geografi, Sejarah, IPS Terpadu). Soal – soal simak memiliki tingkat kerumitan lebih tinggi dibandingkan dengan tes SBMPTN, jadi bersiaplah latihan soal mulai dari sekarang.
Lalu apa rahasia sukses masuk UI? Kuncinya ada 3 hal yaitu Belajar, Berdoa, dan Percaya diri. Kamu memimpikan Jakun (Jaket Kuning) menjadi jaket almamater kamu maka berusahalah dari sekarang. Curi start, persiapkan dari sekarang, perbanyak latihan soal, pelajari pola soal yang sering keluar dalam tes, dan tidak lupa perbanyak berdoa dan sedekah.

Bagikan  

Ikuti Kami Di