Artikel

Cara Menghadapi Ujian Dengan Menyenangkan
October 15th, 2016

Ujian…Siapa sih yang tidak mengetahui ujian. Setiap siswa pasti sangat familiar dengan yang namanya ujian. Bahkan bisa dikatakan, ujian adalah salah satu hal yang sangat menakutkan bagi siswa.
Ujian adalah hasil evaluasi belajar siswa selama di sekolah yang akan diukur dengan sebuah skor atau nilai. Bukan hanya itu, ujian juga menentukan siswa naik ke level selanjutnya atau tidak. Ada beberapa macam ujian yang sudah pasti dilakukan oleh setiap sekolah.
• UTS
Ujian Tengah Semester. Ujian ini adalah tes kemampuan siswa pada pertengahan semester ganjil. Materi yang dijadikan bahan ujian tentu saja bab yang sudah dipelajari selama setengah semester. Bisa dikatakan UTS adalah ujian kecil, karena UTS merupakan awal dari ujian-ujian selanjutnya.
• UAS
Ujian Akhir Semester. Ujian ini dilangsungkan setiap akhir semester. Materi yang dijadikan bahan ujian lebih banyak dari UTS.
• UN
Ujian Nasional. Ujian ini bisa dikatakan sebagai final test dari rangkaian ujian-ujian sebelumnya. Ujian Nasional adalah ujian skala besar yang dilakukan serempak oleh siswa tingkat akhir SD – SMA di sekolah seluruh Indonesia. Ujian ini juga bisa menjadi mimpi buruk dan hal yang sangat ditakutkan bagi para siswa seluruh Indonesia loh. Karena nilai UN sangat menentukan nasib siswa ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.

Nah, agar mampu menghadapi ujian dengan baik dan menyenangkan. Laskar UI punya beberapa tips untuk adik-adik:
 Membuat Jadwal Belajar Pribadi
Jadwal belajar itu sangat penting loh. Jadwal belajar pribadi sangat membantu adik-adik loh untuk belajar lebih sistematis dan teratur. Contohnya pada persiapan UN SMP ada empat mata pelajaran (B.Inggris, B.Indonesia, Mtk, IPA). Nah, dari keempat pelajaran itu adik-adik bisa membuat jadwal belajar secara berkala.
Senin : Mtk
Rabu : IPA
Kamis : B.Ing
Sabtu : B.Ind
Dengan seperti itu, adik-adik dapat terarah dan latihan soal secara rutin tentang pelajaran tersebut secara konsisten.

 Membuat Ringkasan Materi
Ringkasan materi sangat berguna dalam menghadapi ujian. Jika jadwal belajar harian sudah dibuat. Maka, ringkasan materi adalah hal penting yang dapat membantu adik-adik belajar. Catatlah subab materi yang sering keluar dalam Ujian Nasional. Carilah referensi 5-10 tahun ke belakang untuk mempelajari pola soal yang akan keluar dalam UN.

 Utamakan Menguasai Konsep Materi yang Disukai
Menyukai sebuah materi akan menambah kecintaan adik-adik dalam mengerjakan soal. Pilihlah setidaknya minimal 5 konsep materi yang adik-adik sukai dan latihan soal secara rutin sesuai jadwal belajar. Dengan begitu, adik-adik akan otomatis memahami pola soal dan variasi soal yang sering keluar dalam ujian.

 Membuat Mading Edukasi di Dinding Kamar
Mading Edukasi adalah mading yang berisi catatan kecil agar adik-adik bisa lebih terlatih untuk menghafal rumus, teori dan sesuatu yang sulit untuk dipahami. Mading yang dimaksud bukan berarti harus ada gabus atau lemari kaca seperti mading pada umumnya. Namun, mading ini bisa saja dengan membuat tempelan-tempelan dengan hiasan atau pulpen warna-warni.
Kenapa harus pulpen warna-warni? Karena manusia pada umumnya akan lebih tertarik jika melihat sesuatu yang berwarna. Oleh karena itu, hal ini dapat membantu adik-adik loh dalam menghafal sesuatu. Apalagi, kamar adalah tempat yang setiap hari pasti adik-adik singgahi. Pastinya belajar dengan cara seperti ini sangat menyenangkan dan efektif.

 Berdoa dan Minta Doa Orangtua
Tidak dapat dipungkiri. Doa adalah sebuah cara untuk manusia berinteraksi dengan Tuhan. Tidak ada salahnya jika adik-adik melakukan ibadah dengan lebih rajin dari sebelumnya dan terus berdoa agar proses ujian dimudahkan. Karena sebesar apapun usaha harus diimbangi dengan doa. Selain itu, doa orangtua adalah hal yang sangat dibutuhkan dan pastinya mampu menghilangkan rasa cemas menjelang ujian.

Nah adik-adik Laskar UI. Itulah tips-tips yang bisa menjadi referensi untuk memudahkan adik-adik dalam menghadapi ujian. Sekarang sudah tidak takut dengan ujian kan? Selamat belajar ya adik-adik 

Bagikan  

Ikuti Kami Di