Artikel

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Saat SBMPTN?
September 24th, 2015

1.    Kenali minat dan bakat
Jangan lupa memilih jurusan yang sesuai passion kamu akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan saat kuliah nanti, maka mulai sekarang coba cari hal-hal positif dari dirimu sendiri yang memungkinkan membuatmu menjadi sukses nantinya. Sehingga kamu tak akan mengeluh karena tugas atau kuliah lapangan yang akan kamu jalani.
2.    Cari informasi mengenai program studi tersebut
Setelah mengenali bakat dan minat kamu dan menemukan beberapa jurusan yang cocok maka tugas berikutnya adalah mencari informasi tentang jurusan itu. Informasi bisa kamu dapat dari kakak kelas, guru, website resmi universitas, dll. Jangan lupa cari pprofil jurusannya, proses perkuliahan, mata kuliah yang akan kamu pelajari nantinya, dan yang terpenting adalah cari informasi mengenai prospek kerja ketika sudah lulus nantinya.
3.    Kumpulkan info mengenai reputasi PTN pilihanmu
Setelah menentukan jurusan, waktunya kamu mencari PTN yang membuka program studi yang kamu minati, jangan lupa bahwa reputasi PTN perlu dipertimbangkan. Semakin banyak peminat semakin bagus reputasinya, lihat juga akreditasi jurusan tersebut. Akreditasi jurusan yang kamu ambil akan mempengaruhi peluang mencari karir nantinya.
4.    Pelajari passing grade yang ditetapkan jurusan pilihanmu
Pelajari berapa passing grade yang ditetapkan pada jurusan PTN pilihanmu, hal itu akan membantumu dalam menyiapkan seberapa banyak amunisi yang harus disiapkan. Perbanyak latihan soal, kalau perlu ikutlah bimbingan belajar atau privat untuk menambah amunisimu saat tes SBMPTN nantinya. Terus asah dan tingkatkan kemampuan anda sampai 100%.
5.    Sesuaikan dengan kemampuanmu
Buatlah pilihan yang se-rasional mungkin, jangan memilih jurusan yang tinggi tanpa mempertimbangkan kemampuan akademik kamu hanya karena gengsi atau ikut-ikutan teman. Itu penting karena jika jurusan tidak sesuai dengan kemampuanmu maka kamu kemungkinan tidak akan bisa survive di jurusan itu.
6.    Perhitungkan biaya yang harus disiapkan
Perhitungkan biaya yang dibutuhkan nantinya, termasuk biaya hidup saat kuliah. Cari PTN yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah sehingga tidak perlu mencari kos, atau jika memilih untuk kos maka carilah kos yang sesuai dengan penghaasilan orang tua, kalau perlu tinggallah di asrama yang disediakan untuk mahasiswa dari daerah dengan biaya sewa rendah
7.    Berdiskusi dengan orang tuamu
Pastikan jurusan pilihanmu direstui kedua orang tuamu, selalu komunikkasikan pilihan pada orang tua.
8.    Siapkan alternatif lain
Buatlah pilihan I, II, dan III. Pilihan I adalah pilihan jurusan yang kamu minati meski peluangnya kecil, pilihan II adalah pilihan jurusan yang peluang diterimanya lebih besar dari peluang I, untuk pilihan III pilihlah jurusan dimana kamu bisa 100% diterima di jurusan itu. Bagaimana caranya menentukan 3 pilihan tersebut? Ikutlah bimbingan belajar yang menyediakan TRY OUT persiapan SBMPTN untuk menjadi acuan pemilihan jurusan

Bagikan  

Ikuti Kami Di